Iklan

Iklan

,

Iklan

Atasi Sampah Penyebab Banjir, Trash Rack Solusinya

Minggu, 06 Januari 2019, 13:23 WIB Last Updated 2019-01-06T06:23:16Z
Cilacap, Harian7.com - Banjir yang melanda kawasan Jalan Soetomo Cilacap setiap hujan turun terus menerus diakibatkan banyaknya sampah yang memenuhi drainase.

Sampah tersebut memenuhi cross drain di bawah perempatan Jalan Soetomo Cilacap. Hal tersebut menjadikan Pemerintah Kabupaten (Pemlab) Cilacap melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) memasang Trash Rack.

Kepala Dinas PSDA Kabupaten Cilacap, Saeful Hidayat SIP ST MM mengatakan, ternyata penyebab banjir di Jalan Soetomo karena banyaknya sampah di bawah perempatan Jalan Soetomo atau cross drain. Setelah pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait barulah pihaknya mengangkat sampah ke atas setelah jalan dilubangi terlebih dulu.

"Dilakukan pembersihan. Air tidak bisa lewat karena banyak sampah," katanya, Senin (31/12) di kantornya.

Dia menjelaskan untuk mengatasi banjir di Jalan Soetomo, pihaknya memasang trash rack dilokasi. Ukuran trash rack sendiri sekitar 1,5 meter kali 2,5 meter.

"Pemasangan trash rack efektif, paling tidak untuk mengurangi ketinggian banjir Soetomo. Ukuran trash rack disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran,"  ungkapnya.

Tahun 2019, menurut Saeful rehabilitasi saluran akan terus dilakukan, bahkan sampai ke hilir. Untuk pekerjaan trash rack sendiri dilakukan secara kontraktual, meskipun untuk pembersihan pihaknya yang melakukan dengan petugas yang ada.

"Itu sampah yang menyebabkan mampet. Solusi trash rack baru dilakukan tahun ini," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan