Iklan

Iklan

,

Iklan

Jepara Insight: Tradisi Pesta Lomban, Kearifan Lokal yang Menggetarkan Lautan

Redaksi
Rabu, 17 April 2024, 20:47 WIB Last Updated 2024-04-17T13:51:24Z

 


JEPARA | HARIAN7.COM - Kapolres Jepara, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota atas keberhasilan pengamanan Pesta Lomban di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

 

Kapolres menuturkan, pesta Lomban, juga dikenal sebagai Bodo Kupat, merupakan acara yang dinanti-nantikan oleh masyarakat setiap bulan Syawal. 

 

"Acara ini diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dan puncak acara ini adalah pelarungan kepala kerbau ke laut beserta sesaji di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujungbatu,"katanya, Rabu (17/4/2024).

 

"Tradisi ini dipercaya sebagai ucapan syukur dan penolak bala oleh nelayan-nelayan di Jepara,"jelas Kapolres.

 

Informasi diterima harian7.com, kegiatan pengamanan ini berlangsung lancar berkat kesiapan 480 personel gabungan dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP, BPBD, Basarnas, dan pihak lainnya. 

 

Pejabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta, dan Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma'arif, juga mengapresiasi pelaksanaan tradisi ini sebagai bagian dari warisan budaya yang harus dilestarikan.

 

Rombongan Pj Bupati Jepara membawa sesaji kapal larung berisi kepala kerbau dari TPI Ujungbatu ke tengah laut Jepara, diikuti oleh ratusan kapal nelayan dan ribuan masyarakat yang antusias merebutkan kepala kerbau untuk tujuan keberuntungan.(BN)

Iklan