Iklan

Iklan

,

Iklan

Pameran Alutsista Memberikan Edukasi dan Rasa Cinta Masyarakat Kepada TNI

Redaksi
Sabtu, 08 Desember 2018, 11:43 WIB Last Updated 2018-12-08T04:43:30Z
AMBARAWA, harian7.com – Lapangan Panglima Besar (Pangar) Sudirman Ambarawa, Kabupaten Semarang dipenuhi masyarakat yang datang menyaksikan Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI. Pameran ini dalam rangkaian peringatan Hari Juang Kartika (HJK) dan pembukaan dilakukan Danrem 073/Makutarama, Kolonel Arm Moch Erwansjah, Jumat (7/12).

Pameran Alutsista ini digelar sejak Jumat (7/12) hingga Senin (10/12) dan puncak acara Upacara HJK dilaksanakan pada Kamis (15/12) mendatang di Lapangan Pangsar Sudirman Ambarawa ini. Dalam pameran tersebut, berbagai persenjataan milik TNI AD diantaranya Helikopter Apache, Rudal Starstreak, tank, Panser Anoa, meriam serta masih banyak lagi. Selain itu, diramaikan pula berbagai stan dari sejumlah kesatuan maupun masyarakat.

“Pameran alutsista ini sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas penggunaan anggaran TNI AD dalam pengadaan alutsista. Selain itu, sebagai upaya memupuk dan meningkatkan kedekatan prajurit TNI dengan rakyat,” kata Kolonel Arm Moch Erwansjah saat membacakan sambutan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, disela pembukaan pameran.

Sejumlah pengunjung mengaku bangga dan senang dengan adanya pameran alutsista yang digelar di Lapangan Pangsar Sudirman ini. Bahkan, kegiatan ini dapat dijadikan salah satu pembelajaran siswa secara langsung dengan melihat dan mengenali alutsista TNI.

“Ternyata alat persenjataan TNI begitu hebat. Pameran seperti ini sangat bagus dan khususnya untuk anak didik akan berarti dengan lebih mengenali dan mengetahui alat persenjataan TNI. Tanpa danya pameran seperti ini, kami tidak mungkin dapat tahu jenis-jenis persenjataan. Bahkan, untuk dapat melihatnya saja mungkin kesulitan,” ujar Sarmanto (48), salah seorang Guru SD dari Pingit, yang sengaja mengajak anak didiknya melihat pameran alutsista ini kepada harian7.com, Jumat (7/12) siang.

Hal senada dikatakan Ahmad Sofyan Damanik (23) asal Palembang, dikatakan bahwa pameran alutsista seperti ini sangat perlu karena selain sebagai wahana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat, juga dapat memberikan edukasi dan rasa kecintaan masyarakat kepada TNI AD. Masyarakat ataupun pengunjung pameran dapat melihat langsung lebih dekat serta sambil belajar tentang karakteristik senjata/alutsista tersebut.

“Pameran alutsista ini sangat perlu dan paling tidak TNI dapat menggelarnya secara rutin. Karena selain sebagai wahana rekreasi keluarga juga dapat memberikan edukasi bagi para anak didik maupun guru serta masyarakat. Kita disini dapat langsung melihat, mengetahui serta dapat belajar akan karakteristik senjata,” tandas Ahmad Sofyan, yang juga mahasiswa salah satu perguran tinggi di Kabupaten Semarang kepada harian7.com.

Dari data yang dihimpun harian7.com, selain pameran alutsista ini, juga akan digelar Festival Band (Sabtu, 8/12), 3Fun (Fun Bike, Fun Walk dan Fun Aerobic – Minggu, 9/12), serta puncak Peringatan HJK pada 15 Desember 2018. Pada puncak peringatan HJK itu, akan diramaikan dengan terjun payung, flypass helly, serta atraksi menarik lainnya. Kegiatan HJK ini dipusatkan di Lapangan Pangsar Sudirman Ambarawa. (Heru)

Editor : M.Nur

Iklan