Iklan

Iklan

,

Iklan

Kodim 0703/Cilacap Gelar Rakor Jelang TMMD Sengkuyung III

Redaksi
Kamis, 04 Oktober 2018, 00:40 WIB Last Updated 2018-10-03T17:40:35Z
Cilacap, Harian7.com - Menjelang dibukanya TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, Kodim 0703/Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) persiapan dengan Instansi terkait.

Rakor yang digelar di Aula Satya Kartika Kodim 0703/ Cilacap, Rabu (03/10/2018) dipimpin Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian dan Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Arifin SR, SH, MM, diikuti Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Marjono, Danramil 10/Gandrungmangu Kapten Inf Aguswantoro, SKPD, BUMN/BUMD, Forkompincam Gandrungmangu serta Kepala Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu.

Dalam sambutannnya Kasdim mengungkapkan, kegiatan TMMD ini merupakan program kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Desa Wringinharjo dipilih dengan mempertimbangkan sejumlah faktor, seperti keterbatasan infrastruktur dan sarpras. Direncanakan pembukaan TMMD Sengkuyung tahap III akan dibuka pada tanggal 16 Oktober 2018 mendatang.

"Ini merupakan Program Kemanunggalan TNI dengan Rakyat sehingga kegiatan fisik yang dilaksanakan terfokus pada apa yang dibutuhkan oleh masyarakat jadi azas manfaatnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Selain itu, menurutnya TMMD guna mendukung pelaksanaan pembangunan nasional melalui percepatan pembangunan daerah yang berbasis pembangunan penduduk kewilayahan. Kegiatan TMMD ini juga dinilai sebagai sarana untuk mendorong peningkatan kehidupan bermasyarakat melalui upaya peningkatan sarana umum yang bisa mendukung kelancaran aktifitas perekonomian serta mendorong akses masyarakat dalam hal pendidikan, kesehatan dan pembangunan, meningkatkan kualitas hidup dan daya saing pendapatan melalui pemberian penyuluhan, ketrampilan dan bintek.

"Kita ingin mempersiapkan sebaik-baiknya pembukaan TMMD sengkuyung tahap III yang akan dibuka tanggal 16 Oktober 2018 mendatang, untuk itu harapannya melalui rapat ini ada masukan ataupun program yang bisa disinergikan dengan kegiatan TMMD atau bantuan-bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat yang ada di Desa Wringinharjo," tandas Kasdim

Sementara itu, menurut Kepala Dispermades Arifin, lokasi Desa Wringinharjo dinilai cukup mudah untuk dijangkau bila dibandingkan dengan TMMD sebelumnya seperti di Desa Palugon dan Malabar. Kegiatan pembangunan di desa sasaran TMMD manfaaatnya bisa meningkatkan transportasi baik darat maupun jasa.

"Jalan yang dibangun di Desa Wringinharjo ini nantinya tembus sampai Deda Karanggedang Kecamatan Sidareja," katanya.

Kegiatan TMMD yang akan dilaksakanan meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik diantaranya pembangunan makadam, pembangunan gorong-gorong dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Untuk kegiatan non fisik mulai dari penyuluhan tentang Narkoba, Pemeriksaan kesehatan, pelayanan Keluarga Berencana, pelayanan perpustakaan dan penyuluhan-penyuluhan," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan