Iklan

Iklan

,

Iklan

PWOIN Jateng Gelar UKW

Redaksi
Kamis, 26 Juli 2018, 15:28 WIB Last Updated 2018-07-26T08:32:16Z
Semarang,harian7.com -  Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Perkumpulan Wartawan Online (PWO) Independen Nusantara diikuti puluhan wartawan online di Hotel Pandanaran, Semarang, pada Sabtu (28/7/2018) besuk.

"Alhamdulillah, teman - teman Jurnalis di seluruh wilayah Jawa Tengah merespon dan mengikuti UKW pada Sabtu besok," Kata Ketua PWO IN Jateng Rachmat, Kamis (26/07/2018).

Menurutnya, banyaknya peserta UKW yang baru pertama kali digelar ini menunjukan pentingnya UKW untuk menambah skil, sekaligus mengetahui seluk beluk dunia jurnalistik.

Bahkan, lanjut Rahmad, keberadaan PWO IN sebagai organisasi pers sangat dibutuhkan memberikan pembelajaran kepada wartawan, sehingga dalam prakteknya tidak salah jalan.

Dikatakan Rahmat, materi yang diberikan dalam UKW yang berlangsung satu hari ini meliputi soal UU Pers No 4O Tahun 1999, etika dan sikap wartawan sesuai Kode Etik Jurnalistik dan penulisan berita yang baik dan benar.

"Nara sumbernya adalah wartawan yang tergabung di PWOIN,"ujarnya menyebut wartawan Kompas, Wawasan serta media lainnya.

Ditambahkan Rahmad, UKW ini rencananya akan dibuka oleh Ketua PWOIN, yaitu Marnala Manurung.

"Beliau akan memberikan pembekalan sekaligus menjelaskan visi dan misi PWOIN," tutur Rahmad yang juga mengawaki beberapa media online.

Marnala mengapresiasi UKW yang digelar PWO Jateng ini. Apalagi sekarang marak soal kriminalisasi pers.

Dijelaskan Marnala, muaranya tak bisa dilepaskan dari ketidakpuasan seseorang terhadap pemberitaan. Entah itu merasa dicemarkan, tendesius, tidak berimbang dan sebagainya.

"Semua itu menyangkut masalah Kode Etik, lepas soal rekomendasi Dewan Pers ke UTE," ujar perempuan berdarah batak minang ini.

Marnala berharap, PWOIN propinsi lain juga dapat menggelar UKW seperti Jateng. "Setidaknya UKW ini jadi pembekalan anggota PWOIN tidak terkena kriminalisasi," tuturnya pada awak media. (*)

Laporan: Andi Saputra

Iklan