Iklan

Iklan

,

Iklan

Tips Sehat Agar Maag Tidak Kambuh dan Stamina Terjaga Saat Berpuasa

Redaksi
Selasa, 15 Mei 2018, 02:40 WIB Last Updated 2018-05-14T20:02:00Z
Salatiga,harian7.com - Selama bulan suci Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga tenggelam matahari.

Pada saat menjalankan ibadah puasa banyak dijadikan alasan untuk tidak bekerja secara maksimal karena lemas, lesu, mengantuk dan sebagainya sehingga berakibat terhadap menurunnya produktivitas kerja sehari-hari.

Kondisi itu karena timbul akibat perilaku yang tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama berpuasa, seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan yang berlebihan pada saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai tidak berolahraga.

Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat tersebut, perlu pengaturan makan dan minum pada saat sahur atau berbuka puasa, agar tubuh kita tetap sehat dan segar sepanjang hari selama berpuasa.

Menurut ahli kesehatan dr. Errytrina Whismah, M.Kes saat ditemui harian7.com diruang kerjanya di Klinik Sehat di Jalan Argo Boga 58, Argomulyo, Salatiga, Senin (14/05/2018) malam mengatakan, agar tetap sehat saat saat menjalankan ibadah puasa, maka saat makan sahur jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa.

"Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa,"kata dr. Errytrina.

Lanjut dr Errytrina, agar anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat. Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya Anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

"Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau Anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut,"terangnya.

Saat di tanya bagi penderita penyakit lambung (maag) agar tidak kambuh saat menjalani ibadah puasa, dr. Erry menuturkan, agar penyakit lambung tidak kambuh ya alangkah baiknya minum obat saat sahur dan saat buka puasa. Namun lebih baiknya lagi jangan tergantung pada obat-obatan saja, namun dengan menerpkan pola makan yang tertib.

"Sebenarnya saat menjalani puasa itu hanya waktunya saja yang di ubah, kalau biasanya malam atau pagi tidak makan jadi makan. Dan jangan makan yang mengandung lemak yang berat dan mengandung kolesterol tinggi , agar organ tubuh tidak bekerja terlalu berat. Selain itu juga perbanyak minum air putih saat buka puasa dan sahur,"jelas dr.Erry.

dr. Erry menambahkan, penyebab penyakit lambung dan menurunya stamina sendiri terkadang juga di sebabkan pola makan yang tidak benar. Biasa kebanyakan masyarakat yang malas makan sahur.

"Intinya menjaga pola makan dan makan yang teratur, karena tubuh itu butuh tenaga,"tambahnya.

Menutup perbincangannya dengan harian7.com, dr Erry menuturkan saat menjalankan puasa hendaknya tetap berolahraga namun olahraganya yang ringan, misalnya seperti yoga.

"Saya ini kan punya Prolanis (Progam Layanan Penyakit Kronis) untuk lansia. Besuk Jumat pagi tanggal 18 Mei 2018 pukul 05.30 Wib saya adakan di Prodia Salatiga. Progam ini sudah diadakan rutin satu bulan sekali sejak tahun 2014. Dalam progam ini, saya selalu mengadakan senam, edukasi untuk lansia, karena rata-rata mereka menderita hipertensi dan diabetes, maka itu saya beri pengetahuan dan edukasi yang baik,"pungkasnya.(M.Nur)

Editor : Muza


Iklan