Iklan

Iklan

,

Iklan

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Ngabuburit ke Hutan Lindung

Redaksi
Rabu, 30 Mei 2018, 21:29 WIB Last Updated 2018-05-30T14:29:11Z
MAGELANG, harian7.com - Babinsa Desa Pogalan Serka Mudi, bersama dengan Bhabinkamtibmas serta perwakilan petugas dari Taman Nasional Gunung Merbabu dan didampingi Anggota Polsek Pakis melaksanakan patroli ke sejumlah tempat kawasan hutan lindung yang ada di wilayah Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang, Pada Rabu (30/05/18).

Patroli yang dilaksanakan pada sore hari tersebut menuju Hutan Wisata Top Selfie yang berada di Dusun Kragilan Desa Pogalan. Kawasan ini merupakan bagian dari naungan TNGM (Taman Nasional Gunung Merbabu)

Menurut keterangan salah satu Petugas dari TNGM yang  berhasil di konfirmasi, mengatakan, "Selain mengadakan pengecekan pathok batas wilayah, juga dilakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat baik itu warga Dusun sekitar ataupun para wisatawan yang berkunjung untuk selalu menjaga kelestarian hutan.
Ajakan dan himbauan tersebut diantaranya ajakan kepada masyarakat untuk tidak menebang pohon sembarangan agar kelestarian hutan akan terjaga dan keseimbangan ekosistem dalam hutan akan terpelihara," tuturnya.


Patroli kali ini menitik beratkan kepada pengecekan pathok-pathok batas hutan lindung TNGM dengan tanah milik warga setempat. Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pihak TNGM setiap bulanya.


Hal senada juga dipaparkan oleh Serka Mudi, " Patroli yang dilaksanakan disamping mengecek batas-batas wilayah juga memberikan pemahaman serta himbauan kepada seluruh warga masayarakat sekitar hutan dan pengunjung untuk selalu menjaga dan melestarikan hutan. Karena hutan merupakan salah satu aset yang sangat penting dalam kehidupan. Kalau hutan kita rusak maka akan sangat berpengaruh kepada kehidupan manusia. Contohnya akan terjadi pemanasan global, banjir bandang,  tanah longsor dan masih banyak lagi yang lainya. itu semua dapat terjadi kalau kita tidak mau menjaga kelestarian hutan ini," Pungkasnya.

Meskipun di bulan puasa hutan lindung tersebut tetap ramai pengunjung karena suasananya yang dingin dan sejuk maka banyak di gunakan oleh warga sekitar untuk tempat ngabuburit sambil menikmati indahnya pemandangan alam di lereng gunung Merapi dan Merbabu.(Ady Prasetyo)

Iklan