Usung Keberagaman, Peserta Karnaval di Desa Sraten Tampilkan Aneka Budaya dan Pakaian Unik

Foto bersama antara peserta dan Kepala Desa serta Wakil Bupati Semarang. Ungaran,harian7.com - Dalam rangka mengisi kemerdekaan republi...

Foto bersama antara peserta dan Kepala Desa serta Wakil Bupati Semarang.
Ungaran,harian7.com - Dalam rangka mengisi kemerdekaan republik Indonesia yang ke 72, seluruh lapisan masyarakat nusantara peringati kemerdekaan dengan berbagai kegiatan perayaan,seperti kegiatan Karnaval Umum di Desa Sraten, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, yang dilaksanakan pada hari Minggu (3/9), dengan mengusung tema "Dengan Semangat Proklamasi Kita Budayakan Semangat Guyub Rukun Untuk Kemajuan Bersama".

Kegiatan karnaval ini sudah menjadi tradisi  Desa Sraten dari tahun ke tahun yang diikuti oleh ribuan orang mulai dari tingkat pendidikan Swasta dan Negeri ,karang taruna,organisasi serta seluruh lapisan masyarakat di Desa Sraten.

Acara karnaval tersebut dimulai pukul 09:00 WIB yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Sraten,  Rochmat di aula Perumahan Sraten Permai. Para peserta arakan pawai karnaval melintasi beberapa kampung  di wilayah Desa Sraten. Selanjutnya para peserta langsung di sambut dan di nilai oleh panitia dan juga tamu undangan di antaranya Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha S.H.

Nampak ribuan peserta karnaval saling adu kebolehanya dalam menampilkan kebolehan baik seni,budaya dan kreatifnya. Bukan hanya peserta saja yang banyak melainkan para warga masyarakat yang datang dari berbagai daerah ikut serta meramaikan karnaval tersebut.

Kepala Desa Sraten Rochmat mengatakan ,kegiatan karnaval ini sudah menjadi agenda tahunan di Desa Sraten dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Maka itu, untuk melestarikanya perlu dukungan dan kerjasama dari semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali ,kami akan mengembangkan dan melestarikanya hal itu supaya warga Desa Sraten tidak lupa dengan sejarah perjuangan para pahlawan negara Indonesia, disamping itu kita bisa melihat langsung kreatif para peserta karnaval dari berbagai kalangan remaja,karang taruna dan ormas lainya.

"Dalam kegiatan karnaval ini tidak lepas dari unsur pengamanan yang melibatkan anggota kepolisian   dan koramil untuk mempermudah jalannya kegiatan tersebut dari gangguan - gangguan kamtibmas dan memperlancar arus perjalanan para peserta pawai karnaval,"kata Rochmat Kepada harian7.com di sela sela sela acara.

Rochmat menambahkan, Para peserta lomba yang di ikuti dari tuju dusun (7 RW) ini nantinya semua akan mendapatkan hadiah berupa uang yang telah di sediakan.

"Dalam acara ini, peserta semua akan kami beri hadiah. Karena dalam acara ini tidak mencari siapa juarannya, melainkan untuk turut menyemarakan HUT RI ke 72 serta untuk menjalin silahturahmi dan mempererat kerukunan antar warga,"pungkasnya.

Santi (27) warga setempat saat menunggu anaknya ikut jadi peserta karnaval mengaku sangat senang dengan di adakanya kegiatan ini. Karena selain menghibur dan mempererat silaturahmi, di laksanakanya karnaval memperlihatkan bahwa warga Sraten sangat rukun, guyub dan kompak.

"Saya selaku masyarakat sangat mendukung atas di adakanya kegiatan ini, dan karnaval kali ini sangat meriah,"ungkapnya.

Dari pantauan harian7.com, Dalam acara karnaval yang di gelar, nampak beragam kesenian tradisional dan pakaian unik serta pakaian adat nusantara yang dikenakan para peserta membuat mereka tampak bangga dan senang menjadi sorotan ribuan pasang mata di sepanjang rute karnaval yang dilalui peserta.

Karnaval yang berlangsung, menampilkan warna warni budaya nusantara sebagai salah satu kekayaan budaya ini dipusatkan di Perumahan Sraten Permai. Dalam pawai karnaval ini, para peserta menggunakan berbagai pakaian, mulai dari pakaian adat hingga pakaian unik.(M.Nur)

                         HARIAN 7 TV DOT NET

COMMENTS

Nama

ARUS MUDIK,12,BANJARNEGARA,1,BANTUL,1,BANYUMAS,5,BERITA DAERAH,67,BERITA FOTO,6,BERITA TERKINI,3362,BIRO KEDU,47,BISNIS,17,BLORA,20,BOYOLALI,19,Budaya,16,CILACAP,141,DEMAK,2,EKONOMI,2,EKONOMI DAN BISNIS,16,FINANCE,3,GAYA HIDUP,21,HARIAN NASIONAL,28,harian7@mail.salatiga,1,HIBURAN,27,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,3,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,21,JATIM,1,JAWA TIMUR,1,JOGJA,13,KABAR DESA,8,KABAR PILKADA,35,KABAR PILPRES 2019,1,KABAR POLISI,213,KABAR TNI,63,KABAR TNI POLRI,6,KENDAL,6,KOMUNITAS,1,KRIMINAL,73,KUDUS,2,KULINER,17,LAKA LANTAS,2,Life Style,14,MAGELANG,307,MATA KAMERA,2,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,154,NEWS,6041,NEWS FOTO,15,NTT,6,OLAHRAGA,2,OPINI,1,PANTURA,2,PEMILU,22,PENDIDIKAN,99,PERISTIWA,142,PILPRES,27,POLITIK,166,Purwodadi,2,SALATIGA,2308,SELEB,12,SEMARANG,662,SLEMAN,1,SOLO RAYA,32,SOSOK,7,SPORT,4,SUARA JABAR,26,Suara Jatim,8,SULAWESI,276,SUMUT,12,TEMANGGUNG,79,TIPS BUNDA MUZA,3,UNGARAN,1297,VIDEO,18,WARTA PEMBACA,25,WISATA,2,WONOSOBO,3,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Usung Keberagaman, Peserta Karnaval di Desa Sraten Tampilkan Aneka Budaya dan Pakaian Unik
Usung Keberagaman, Peserta Karnaval di Desa Sraten Tampilkan Aneka Budaya dan Pakaian Unik
https://1.bp.blogspot.com/-MiBkGSjSuM0/Wav8mxiCmsI/AAAAAAAAQ0A/Ef-Mzbx-3rs6Ojbbi-ldOy14vlNV5AaSACLcBGAs/s400/IMG-20170903-WA0025.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-MiBkGSjSuM0/Wav8mxiCmsI/AAAAAAAAQ0A/Ef-Mzbx-3rs6Ojbbi-ldOy14vlNV5AaSACLcBGAs/s72-c/IMG-20170903-WA0025.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2017/09/usung-keberagaman-peserta-karnaval-di.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2017/09/usung-keberagaman-peserta-karnaval-di.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy