Iklan

Iklan

,

Iklan

Meriahkan HUT RI Ke 72, Pemdes Samirono Gelar Kirab dan Pegelaran Seni

Redaksi
Senin, 04 September 2017, 17:18 WIB Last Updated 2017-09-04T10:18:15Z
Foto bersama di sela-sela kegiatan.
Ungaran,harian7.com - Dalam rangka melestarikan kesenian dan kebudayaan yang ada di Desa Samirono serta menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 72 tahun 2017, Pemerintah Desa Samirono, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, mengadakan kegiatan kirab dan pegelaran seni budaya Minggu (3/9) kemarin di lapangan desa setempat.

Kegiatan ini mengangkat tema kearifan lokal yang ada di Desa Samirono, dimulai pukul 09.00 WIB  pagi, yang  diawali dengan kirab seni budaya dengan diikuti oleh 500 orang dari seluruh kontingen masing-masing dusun dan seluruh perangkat desa setempat.

Adapun rute yang di lalui Para peserta kirab dengan jalan kaki di mulai dari Dusun Kendal melewati Dusun Pongangan, Dusun Tawang, Dusun Watulawang, dan berakhir di Dusun Samirono. Dalam acara ini, masing-masing peserta kirab menampilkan kreativitas masing-masing sesuai dengan tema kegiatan seperti menampilkan profesi warga masyarakat, pakaian adat istiadat, keragaman seni dan budaya, tokoh pahlawan, tokoh fiksi dan non fiksi dalam cerita masyarakat dan film, replika, sepeda hias dan lain sebagainya.

Usai pelaksanaan kirab, semua peserta beserta tamu undangan berkumpul di Lapangan Desa Samirono untuk menyaksikan pagelaran seni budaya yang ditampilkan oleh 14 peserta dari kelompok seni masing-masing dusun dan dua lembaga pendidikan yang ada di Desa Samirono diantaranya penampilan reog, barongsai, drumblek, tari kreasi, tari keprajuritan, dan grup band.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Ngesti Nugraha selaku Wakil Bupati Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha, S.H dan Suradi, S.H., M.H selaku Wakil Ketua DPRD Kabupaten Semarang. Menurut Slamet Juriono selaku Kepala Desa Samirono. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh unsur masyarakat dan menampilkan kearifan lokal yang ada di Desa Samirono.

Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha dalam sambutanya mengatakan, ia sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini." Kedepan, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Desa Samirono”, kata Bapak Ngesti.

Sementara  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Semarang Suradi, mentakan, Meskipun pelaksanaan kegiatan ini tidak bertepatan langsung pada momen bulan Agustus, kegiatan tetap berlangsung meriah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk nguri-nguri kesenian dan kebudayaan," ungkap Suradi.

Dalam Kegiatan yang berlangsung diakhiri dengan penyerahan doorprize berupa lima ekor kambing oleh Kepala Desa Samirono yang diberikan untuk lima nominasi peserta kirab terbaik. Peserta kirab terinovatif diraih oleh Dusun Pongangan, peserta termeriah diraih oleh Dusun Samirono, peserta terkreatif diraih oleh Dusun Tawang, peserta terkompak diraih oleh Dusun Watulawang, dan peserta terunik diraih oleh dusun Kendal.(M.Nur/Dwi)

Iklan