Iklan

Iklan

,

Iklan

Ratusan Warga Berkostum Unik Meriahkan Sedekah Desa Randugunting

Redaksi
Minggu, 19 Juni 2022, 16:50 WIB Last Updated 2022-06-19T12:23:50Z
Penyerahan cinderamata dari salah satu peserta lomba kepada kades dan camat. (Fera Marita/harian7.com). 


UNGARAN, harian7.com - Desa Randugunting, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang menggelar lomba jalan santai temati dalam rangka memeriahkan acara sedekah desa yang kembali dihelat setelah 2 tahun vakum semenjak pandemi covid-19.


Dengan mengambil tema Randugunting kumpul bareng luwih gayeng, pemdes Randugunting menyajikan serangkaian acara sedekah desa  berupa tirakatan, lomba jalan santai tematik, pentas seni, bazar umkm serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang menampilkan dalang kondang dari Magelang, Ki Jumbuh Siswanto. 


Kepala Desa Randugunting, Nuryanto mengatakan, pihaknya sengaja mengambil kegiatan yang berbeda dari sedekah desa di tahun-tahun sebelumnya yang hanya menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk. 


"Kami ingin mempersatukan kembali warga Randugunting untuk bangkit kembali bersatu secara perekonomian, seni budaya, soasial dan lain sebagainya setelah diterjang pandemi selama 2 tahun kemarin. Untuk itu kami sengaja membuat kegiatan sedekah desa yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini acara di mulai sejak tanggal 18 Juni kemarin dengan menggelar tirakatan untuk ngalap berkah para leluhur supaya warga terhindar dari bala' dunia akhirat juga terhindar dari segala fitnah dunia akhirat dan agar semua kegiatan warga mendapat ridho dari Allah SWT," ujarnya, Minggu (19/6). 


Salah satu peserta lomba. (Fera Marita/harian7.com) 

Menurutnya, Setelah malam tirakatan, pihaknya menggelar jalan sehat tematik, pentas seni budaya serta bazar umkm yang ada di Randugunting. Tak tanggung-tanggung pihak pemdes menyediakan total hadiah senilai 6 juta rupiah kepada juara 1, 2 dan 3 lomba jalan sehat kali ini. 


Dia menambahkan, ada 3 kriteria yang akan dinilai yaitu kekompakan, kreativitas dan kostum peserta dan untuk menghindari kecurangan dewan juri sengaja diambil secara independen yang terdiri dari Disdikbudpora Kabupaten Semarang, HPI ( Himpunan Pramuwisata Indonesia ) Kabupaten Semarang serta perwakilan Desa wisata Kabupaten Semarang. 


"Untuk memotivasi warga kita memberikan hadiah berupa uang tunai plus piala sebesar 3 juta untuk juara 1, 2 juta rupiah untuk juara 2 serta 1 juta rupiah untuk juara 3 dan dari 20 Rt di Randugunting ada 18 Rt yang mengikuti kegiatan ini karena 2 Rt lainnya tampil di pagelaran seni yang akan ditampilkan siang nanti," jelasnya. 


Sementara itu, Camat Bergas Seno Wibowo sangat menyambut baik kegiatan yang multidimensi ini. kegiatan seperti ini bisa meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan bisa menjadi stimulan untuk pemberdayaan UMKM yang berada di wilayah Randugunting. 


"Kegiatan ini bisa menjadi wadah pelaku UMKM untuk memamerkan produk mereka. Dan dari aspek kerukunan warga benar-benar luar biasa keguyubannya, dan ini bisa menambah kebersamaan warga Randugunting. Selain itu dengan ditampilkannya berbagai macam kesenian bisa memacu kreativitas warga, utamanya anak-anak muda bisa lebih kreatif untuk bisa memajukan Desa Randugunting," pungkas Seno. 


Kontributor : Fera Marita

Iklan