Iklan

Iklan

,

Iklan

Walikota Semarang Ajak Masyarakat Donorkan Darah Konvalesen Untuk Pasien Covid-19

Redaksi
Rabu, 23 Juni 2021, 20:04 WIB Last Updated 2021-06-23T23:50:16Z
Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat menjenguk pasien covid-19

Penulis : Andi Saputra | Editor : Sodiq

SEMARANG, Harian7.com - Wali kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak masyarakat khususnya penyintas Covid-19 untuk pro aktif mendonorkan plasma darah konvalesen, sebagai upaya untuk membantu pemulihan pasien Covid-19, menyusul meningkat kasus Covid-19 di wilayahnya beberapa hari terakhir ini.


"Untuk itu saya mengajak warga Kota Semarang khususnya yang telah sembuh dari Covid-19 atau penyintas secara proaktif untuk mendonorkan darah plasma konvalesennya guna membantu saudara-saudara kita yang saat ini sedang dirawat akibat terpapar Covid-19," ujarnya, Rabu (23/6).



Menurutnya, transfusi plasma konvalesen yang merupakan antibodi eks pasien Covid-19 menjadi salah satu metode paling efektif untuk menyembuhkan pasien Covid-19. 



Namun, lanjutnya, masih ada sejumlah kendala untuk masyarakat dalam melakukan terapi plasma konvalesen  secara masif. Pertama, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma darahnya, karena harus disertai syarat tidak memiliki penyakit komorbid. Kedua, meskipun memenuhi syarat sebagai pendonor, tidak semua mau melakukannya.



"Kita tidak pernah tahu, darah yang disumbangkan dapat memberi seseorang kesempatan lain dalam hidup," jelasnya. 



Dia menuturkan, Agar masyarakat untuk lebih tegas lagi dalam melaksanakan protokol kesehatan, yaitu menerapkan 5M.



"Saya sangat serius untuk menangani kasus Covid-19 ini dan setelah kembali memperketat aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dengan menutup tempat-tempat hiburan dan tempat wisata, hingga penutupan beberapa ruas jalan," pungkasnya.


Iklan