• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Pemdes Toyareka Serahkan 121 Kartu Tani

    REDAKSI
    Kamis, 20 Mei 2021, 8:46:00 PM WIB Last Updated 2021-05-20T13:46:32Z
    Saat pembagian kartu tani.


    Laporan: Iwan Setiawan | Kabiro Banyumas


    PURBALINGGA,harian7.com - Sebanyak 121 petani, menerima kartu tani, di aula Pemerintah Desa Toyareka Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga, Kamis (20/5/2021).


    "Pada hari ini kami membagikan 121 kartu tani yang baru yang pendaftaranya pada sebelum januari tahun 2021 ada sebagian yang sudah jadi maka kita distribusikan ke kelompok tani,"kata Naniek Istiqomah Kepala Balai Penyuluhan Pertanian BPP Kecamatan Kemangkon.


    Dengan dibagikannya kartu tani, ia berharap nantinya akan dimanfaatkan untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai alokasi, dan tentunya tepat sasaran serta bisa dinikmati petani itu sendiri bukan yang lainnya.



    Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam S,pt menjelaskan , kami Dinas Pertanian telah mengupayakan secara maksimal memalui sosialisasi dalam berbagai kesempatan secara berjenjang melalui kelompoktani untuk disebarluaskan kepada sesama petani agar semua petani bergabung dalam kelompoktani dan mengusulkan kebutuhan pupuk bersubsidinya.


    "Data terakhir di Kabupaten Purbalingga terdapat 72.822 petani yang tergabung dalam kelompoktani yang sudah mengusulkan kebutuhan pupuk bersubsidinya sekaligus mendaftar kartu tani," jelas Mukodam. 

     


    Semoga jumlah tersebut sudah mencakup seluruh petani di Purbalingga."Dengan menggunakan kartu tani, maka setiap transaksi pembelian / penebusan pupuk bersubsidi secara otomatis real time akan tercacat oleh system secara computerise ,Tetapi dengan sistem ini maka petani yang tidak mau bergabung dalam kelompoktani tidak akamendapatkan alokasi pupuk bersubsidi, sehingga kebutuhan pupuknya disediakan pupuk non subsidi,"imbuhnya. 


    Selanjutnya,lanjut Mukodam, usulan kebutuhan pupuk bersubsidi yang masuk memalui e RDKK itulah yang menjadi pertimbangan secara berjenjang oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi untuk menentukan berapa alokasi pupuk bersubsidi untuk masing-masing kabupaten/kota, dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan negara.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini