• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Iklan

    Adv

    Mendoan Raksasa Kang Sarwono Diburu Para Pecinta Kuliner, Oh.. Ternyata Ini..

    REDAKSI
    Rabu, 17 Maret 2021, 4:42:00 AM WIB Last Updated 2021-03-16T21:42:56Z
    Mendoan raksasa Kang Sarwono.


    Laporan: Iwan Setiawan | Kontributor Banjarnegara


    BANJARNEGARA, harian7.com - APA saja bisa menjadi warisan budaya tak benda. Pemkab Banyumas, Jawa Tengah, misalnya, mengajukan tempe mendoan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda dari daerah itu.


    Seperti kita ketahui, mendoan berbahan tempe dan tepung sudah menjadi makanan khas dan ikon dari Banyumas. Catatan sejarah yang ada pada zaman Bupati Sudjiman Mertadiredja Gandasoebrata, pada 1937 telah menyebut mendoan.


    Bicara mengenai mendoan, di Kabuten Banjarnegara, ditemui mendoan sedikit tergolong unik. Kenapa disebut, unik, karena ukuranya beda dari mendoan umumnya. Mendoan  yang satu ini dibuat dengan ukuran 6 kali tempe mendoan biasa. 


    Maka jika berkunjung ke Kecamatan Purwareja Klampok rasanya tidak lengkap jika belum mencicipi mendoan raksasa yakni tempe berbalut adonan tepung dan  digoreng setengah matang atau 'mendo'.


    Sarwono pengusaha mendoan raksasa atau lebih akrap dipanggil kang Sarwono mengungkapkan , mendoan yang kami sajikan disini beda jauh dari mendoan biasanya karena ukuranya lebar 15 cm dan panjang 30 cm .


    "Mendoan raksasa buatan  saya memiliki rasa yang khas gurih dan berwarna kekuningan. Bumbu yang saya  gunakan untuk menggoreng mendoan raksasa ini hasil buatan sendiri,"ucapnya .


    Dalam menyajikan mendoan raksasa ini dilengkapi dengan cabe rawit dan sambal kecap. Hal ini akan menambah rasa dan sensasi berbeda saat menikmati mendoan tersebut.


    Semi Tri Agung kanit Reskrim Purwareja Klampok salah satu pelanggan mendoan Kang Sarwono mengungkapkan,utuk satu mendoan, dijual seharga Rp 10 ribu. Tapi meski berukuran besar banyak yang nambah. Karena bisa dinikmati bareng-bareng dengan teman atau keluarga.


    "Yang paling istimewa dari mendoan kang Sarwono ini sudah memiliki 10 cabang di berbagai kota , dan tidak kalah istimewanya lagi mendoan raksasa Kang Sarwono sudah banyak dikenal pejabat negri ini , ini bisa dibuktikan foto foto dia bersama para pejabat,"ungkapnya.


    "Kang Sarwono selain menjual mendoan raksasa juga melayani bumbu instan khas mendoan raksasa dengan harga 20 ribu berat 300 gram," pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +