• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Gelar Rapat Rekomendasi Kerja Antar Daerah dan Antar Kerja Lokal, Ini Penjelasan Dinas Nakertrans

    REDAKSI
    Selasa, 16 Maret 2021, 10:57:00 AM WIB Last Updated 2021-03-16T03:57:28Z



    Laporan: Dinata | Kontributor Way Kanan


    WAY KANAN,harian7.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Way Kanan, Saipul, memimpin rapat Rekomendasi Kerja Antar Daerah dan Antar Kerja Lokal tahun 2021 di Ruang Kerjanya, Senin (15/03/2021).


    Rapat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Arie Anthony Thamrin, Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, dan pihak PT. Pemuka Sakti Manis Indah (PSMI).


    Kepala Dinas Nakertrans, Ari Antony Tamrin mengatakan, rapat tersebut membahas mengenai penempatan tenaga kerja yang dilaksanakan dengan memperhatikan pemerataan tenaga kerja yang dibutuhkan atau melalui pelaksana penempatan tenaga kerja dengan memberikan pelayanan penempatan tenaga kerja.


    “Pemberi kerja dalam memperkerjakan tenaga kerja yang memerlukan tenaga kerja dapat merekrut sendiri tenaga kerja yang dibutuhkan atau melalui pelaksana penempatan tenaga kerja dengan memberikan pelayanan penempatan tenaga kerja,” papar Ari.


    Sehinga, lanjut dia, pemberi kerja dalam mempekerjakan tenaga kerja juga wajib memberi perlindungan yang mencakup keselamatan dan kesehatan baik mental maupun fisik tenaga kerja. Serta menginformasikan setiap lowongnan pekerjaan secara terbuka sekurang-kurangnya memuat nama, jabatan, syarat jabatan, batas waktu pemenuhan lowongan dan alamat pemberi kerja.


    Serta , pemberi kerja wajib mengikuti protokol kesehatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di masa Pandemi dimulai sejak pekerja berangkat hingga sampai PT. Pemuka Sakti Manis Indah, melaksanakan kegiatan bekerja dan sampai berakhirnya perjanjian kerja.


    “Selain itu, pemberi kerja wajib melaporkan secara berkala setiap 2 (dua) minggu bagi Pekerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) terkait pelaksanaan penerapan Protokol Kesehatan kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Dinas Kesehatan,” tambahnya.


    Lebih lanjut, Ari juga menjelaskan dalam pelaksanaan pemberi kerja dengnan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) harus berpedoman pada didasarkan atas jangka waktu atau selesainya suatu pekerjaan tertentu, perjanjian kerja dibuat secara tertulis menggunakan bahasa Indonesia dan huruf latin. Apabila dibuat secara tidak tertulis maka dinyatakan sebagai perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu. Serta perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat mensyaratkan adanya percobaan kerja.


    “Dalam hal disyaratkan masa percobaan kerja dalam perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat mensyaratkan adanya percobaab kerja, maka masa kerja yang disyaratkan batal demi hukum. Dan perjanjian kerja waktu tertentu hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai pada waktu tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai pada waktu tertentu yaitu pekerjaan yang sekali selesai atau sementara sifatnya, pekerjaan yang memperkirakan penyelesaian dalam waktu yang tidak terlalu lama dan paling lama 3 (tiga) tahun serta pekerjaan yang bersifat musiman atau pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru atau produk tambahan yang masih dalam percobaan atau penjajakan,” lanjutnya.


    Kemudian, dalam hal pelaksanaan PKWT yang bersifat musiman dimana pekerjaannya tergantung pada musim atau cuaca hanya dapat dilakukan untuk satu jenis pekerjaan pada musim tertentu. Dan pelaksana PKWT, pemberi kerja memperkerjakan pekerja/buruh berdasarkan PKWT harus membuat daftar nama pekerja/buruh yang melakukan pekerjaan.


    “Dalam pelaksanaan AKAD, PT. PSMI harus menerapkan Protokol Kesehatan sejak pekerja berangkat hingga tiba di PT. PSMI, pelaksanaan kerja dan sampai perjanjian kerja berakhir. PT. PSMI juga harus menyediakan uang isolasi dan ruang karantina,” pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +