• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Adv

    Secara Swadaya, Agrowisata Desa Girikerto di Ngawi Akan Terus Dikembangkan

    Kamis, 03 Desember 2020, 9:38:00 PM WIB Last Updated 2020-12-03T14:56:30Z

    Penulis: Budi Santoso | Kontributor Ngawi


    NGAWI,harian7.com - Desa Wisata Girikerto terletak di Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, dengan luas wilayah 1.097,12 KM2. Wilayah berada di ketinggian  800 mdpl dan menerima curah hujan relatif tinggi. Sebagian besar kawasannya berupa area konservasi hutan.


    Secara administrasi, Desa Girikerto dibagi ke dalam tiga dusun dan satu kampung, yaitu Nglegok, Banjaran, Girikerto dan Kampung Jamus. Desa dengan penduduk berjumlah 2.200 orang ini menempati 1.097.117 hektar. Lahan pertaniannya seluas 62.621 hektar dengan 40% penduduk Desa Girikerto adalah petani.


    Desa Girikerto sendiri memiliki destinasi wisata eksotis yang tidak banyak diketahui orang sebagai tempat untuk rekreasi dan refreshing. bahkan mungkin orang Ngawi sendiri- Beberapa destinasi wisata itu antara lain: Sumber Koso, Sumber Lanang, Borobudur Hills, Air Terjun Ondorante, Goa Jepang, Hutan Pinus, Terasering Sawah.


    Sebagai salah satu desa wisata Kelompok Daerah Wisata (Pokdarwis) Dusun Banjaran mengembangkan potensinya sebagai desa wisata. Dimana pengelolaannya dilakukan secara   swadaya masyarakat seperti membangun tempat wisata Ondorante yang akan menuju ke air terjun Suwono.  Sumber Koso. Pengembangan potensi wisata ini diawali dengan diadakannya  pertemuan antar komunitas pemberdayaan Ikan Koi di desa Girikerto.


    Pertemuan Komunitas ikan Koi di Dusun Banjaran ini dihadiri Calon Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, anggota DPRD Ngawi fraksi PDIP, ketua Komisi IV Slamet Rianto, Kepala Desa Girikerto Slamet Riadi, Sumardi selaku pelopor komunitas ikan Koi, ketua karang taruna Ruly dan Gus Danang selaku  tokoh agama dari pondok pesantren setempat.


    Disampaikan Dwi Rianto, pengembangan potensi wisata (Agrowisata) -dalam hal ini mengembangkan Ikan Koi- menjadi salah satu upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan mesyarakat setempat.


    Pengembangan ikan Koi melalui Kelompok Daerah Wisata (Pokdarwis) sangat besar manfaatnya bagi warga Dusun Banjaran, Desa Girikerto setempat. Adanya agrowisata akan menambah dan meningkatkan perekonomian, dan menaikkan derajat kesejahteraan warga Desa Girikerto, tuturnya.


    Ditambahkanya, sebelumnya telah dibentuk empat kelompok dimana masing-masing kelompok mendapat bagian satu kolam ikan Koi.


    Kolam ikan ini dibuat secara swadaya oleh Pokdarwis Dusun Banjaran dibantu Karang Taruna setempat. Kami sebagai anggota Karangtaruna juga ingin berbartisipasi untuk memajukan desa kami sehingga seluruh warga menikmati hasilnya dan meningkat kesejehteraannya,pungkasnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini