Iklan

Iklan

,

Iklan

Apel Gelar Pasukan Awali Giat Operasi Lilin 2020 Di Selayar

Selasa, 22 Desember 2020, 02:34 WIB Last Updated 2020-12-21T19:34:54Z


SELAYAR, Harian7.com
– Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menggelar Operasi Lilin 2020 secara serentak di seluruh Indonesia mulai Senin, (21/12/2020) hingga Senin, (04.01.2021). Operasi Lilin tahun 2020 dalam rangka Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.


Atas hal tersebut, Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Selayar melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020. Upacara yang dilaksanakan Senin, (21/12/2020) di area lapangan upacara Mako Polres Selayar.


Upacara dipimpin Bupati Kepulauan Selayar yang diwakili Sekda, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si diikuti unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan melibatkan peserta dari unsur personel Polres Kepulauan Selayar, BKO Brimob Polda Sulsel, Kodim 1415/Selayar, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar), dan Basarnas.


Sebelum membacakan amanat, dan sambutan seragam Kapolri, Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar yang diwakili Sekda, Dr. Ir. Marjani Sultan M.Si menyampaikan, ucapan terima kasih kepada institusi Kepolisian Polres Kepulauan Selayar BKO Brimob Polda Sulsel, bersama jajaran Kodim 1415 Selayar dan back up Satpol PP serta Pemadam Kebakaran atas segala bentuk pengabdian, dedikasi, dan kerja keras aparat pengamanan dalam memback up terselenggaranya kegiatan Pilkada, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dengan aman, kondusif, tertib, dan terkendali dengan jumlah partisipasi pemilih tertinggi di Sulawesi-Selatan.


Dalam amanat dan sambutan seragam Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si yang dibacakan Sekda Kepulauan Selayar, Dr. Ir. Marjani Sultan menyampaikan, penekanan Kapolri untuk dipedomani dan dijadikan bahan acuan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas Polri pada penyelenggaraan operasi lilin tahun 2020.


"Giat pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid 19," kata Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Sekda Kepulauan Selayar.


Lebih lanjut dikatakan, kita harus lebih peduli, jangan sampai kegiatan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19. Dan berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, tercatat ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan Narkotika, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, dan aksi kriminal lainnya.


"Selain potensi gangguan kejahatan dan kriminal, jajaran institusi Polri  juga diminta untuk memberikan perhatian dan atensi terhadap beberapa bentuk-bentuk pelanggaran lalu lintas mulai dari aksi balapan liar, penggunaan knalpot racing, dan upaya untuk menekan potensi kecelakaan lalulintas" tandasnya. 


Di penghujung amanat dan sambutan seragamnya, Kapolri mengungkapkan, bentuk empati dan kepedulian terhadap ancaman bencana alam, banjir, tanah longsor sebagai dampak dari musim hujan.


Menanggapi amanat dan sambutan seragam Kapolri, Kapolres kepulauan Selayar, AKBP Temmangnganro Machmud, S.IK, MH menghimbau kepada warga masyarakat untuk mengindari kerumunan, dan tidak melaksanakan pawai kendaraan, balapan liar, serta kegiatan kumpul-kumpul, pesta miras, penyalahgunaan narkotika yang dapat memicu kerawanan Kamtibmas.


Arahan dan himbauan juga disampaikan bagi warga Nasrani yang akan melaksanakan Ibadah Natal untuk tetap mematuhi standar protokol kesehatan covid-19 .


“Kami juga meminta kepada warga untuk mewaspadai segala bentuk potensi bencana alam selama  musim barat yang disertai guyuran hujan, hingga berpotensi untuk menimbulkan potensi banjir serta tanah longsor,” pungkas Kapolres. (Hms Polres Selayar/Andi Fadly Dg. Biritta)

Iklan