Iklan

Iklan

,

Iklan

Start Up Bisnis di Tengah Pandemi, Ibu PKK Dilatih Manfaatkan Bahan Alam

Redaksi
Rabu, 25 November 2020, 03:29 WIB Last Updated 2020-11-24T20:29:14Z


TEGAL,harian7.com - Untuk memberikan bekal usaha dan ketrampilan bagi masyarakat, terlebih saat pandemi sekarang ini. Ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kelurahan Panggung dilatih memanfaatkan bahan alam, yang dikreasikan menjadi sesuatu yang bernilai dan berharga.


Pelatihan yang diberikan merupakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (PHB) yang mengangkat tema “Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Produk Sebagai Start Up Bisnis di Tengah Pandemi”, di Kelurahan Panggung Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa, (17/11).


Wakil Direktur 1 PHB apt. Heru Nurcahyo, M.Sc mengatakan melalui kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat sekitar dan anggota PKK di Kelurahan Panggung memiliki keterampilan dalam memanfaatkan bahan alam sekitar untuk dijadikan produk.


Kegiatan ini terselenggara berkat adanya kerja sama antara Pemerintah Kota Tegal dengan Prodi D3 Farmasi PHB melalui Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tegal, dan didukung oleh LKP Indah serta Kelurahan Panggung kota Tegal yang peduli terhadap kesulitan masyarakat di tengah pandemi.


“Ini merupakan sinergitas antara Pemkot Tegal dengan PHB sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dalam rangka merintis alternatif bisnis selama pandemi atau bahkan bisa untuk meningkatkan ekonomi. Kegiatan ini sebagai wujud tindak lanjut dari pertemuan kami dengan Ibu Walikota Tegal,” tegas Heru


Adapun Tim PKM Prodi D3 Farmasi PHB antara lain Ketua PKM apt. Heru Nurcahyo, M.Sc. dengan beranggotakan dosen Prodi D3 Farmasi PHB yaitu Joko Santoso, M.Farm., Aldi Budi Riyanta, S.Si., M.T., apt. Sari Prabandari, MM., apt. Rizki Febriyanti, M.Farm., apt. Purgiyanti, M.Farm dan Mahasiswa D3 Farmasi PHB.


Dalam kegiatan tersebut, memberikan pelatihan untuk 30 anggota PKK membuat produk seperti hand sanitizer dan pasta gigi dari sari belimbing wuluh dan cuka apel, foot sanitizer dari biji kopi, pomade dari minyak kemiri.


Aldi dari Prodi D3 Farmasi PHB menambahkan kegiatan inantinya akan berlanjut ke kelurahan-kelurahan lain di Kota Tegal sesuai dengan arahan dari Penggerak PKK.(Mid/DT)

Iklan