Iklan

Iklan

,

Iklan

Babinsa Getasan Dampingi Program BIAS

Redaksi
Senin, 16 November 2020, 15:16 WIB Last Updated 2020-11-16T08:16:23Z
Babinsa Getasan saat mendampingingi progam BIAS.




Laporan: Bang Nur



UNGARAN,harian7.com - Babinsa Getasan Koramil 03/Getasan Sertu Mujiono menghadiri sekaligus memantau , membantu , Mendampingi  pelaksanaan Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah di Masa Pandemi Covid 19 bertempat Di SDN Getasan dan SD IT Al Maka Getasan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang, Senin (16/11/2020).


Dalam pelaksanaan Bulan  Imunisasi  Anak Sekolah (BIAS) wilayah kecamatan Getasan bekerjasama dengan  UPTD  Serta dan Puskesmas Getasan.


Sedikitnya ada 215 siswa dan siswi di kedua sekolah tersebut  yang mengikuti kegiatan imunisasi ini. Turut hadir dalam kegiatan BIAS tersebut yakni Kepala Desa Getasan Suwarlan,Kepala SDN Getasan Budiyanto Spd, Pengelola Yayasan IT Al Maka Getasan Muzazin,serta tenaga kesehatan Puskesmas Getasan.


Kapendim 0714/Salatiga  Pelda W Yudha Widharta kepada harian7.com mengatakan, bahwa  Imunisasi sangat penting bagi anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun dan hal tersebut merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. 


"Proses dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit."



“Imunisasi BIAS ini biasanya diadakan 2 kali dalam setahun dan dilakukan secara serentak di seluruh kota di Indonesia. Program ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak, difteri dan tetanus,”kata Pelda W Yudha.



Ditambahkan Pelda W Yudha, Instansi pendidikan setara SD sampai SMP menjadi tempat yang rentan terhadap penyebaran virus Covid 19 ini. Namun, sekolah juga menjadi tempat paling strategis dalam mencegah penyebaran virus-virus ini. 


"Untuk itu, kepada para guru dan orangtua hendaknya perlu memberikan dukungan jika anaknya mendapat imunisasi di sekolah oleh petugas Puskesmas setempat seperti yang dilakukan saat ini,"tambahnya.



Sementara itu, di tempat terpisah Danramil 03/Getasan Kapten Inf Joko Suparwan mengatakan pihaknya selalu mendukung program BIAS yang dilaksanakan pemerintah.


 "Koramil selalu aktif pendampingan di sekolah-sekolah saat kegiatan pemberian imunisasi di sekolah tersebut dilaksanakan. Terutama, karena BIAS ini bertepatan masa pandemi covid, jajarannya aktif dalam menghadiri dan memantau kegiatan tersebut sekaligus menghimbau penerapan prokes,"pesannya.


“Hari ini Senin, ada dua lokasi kegiatan BIAS bersamaan. Agar semuanya berjalan lancar, kami mengirim masing-masing satu Babinsa satu tempat kegiatan,”tegasnya.


Program BIAS dengan sasaran murid SD di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Getasan tersebut bertujuan untuk memberikan vaksinasi  guna meningkatkan kekebalan terhadap penyakit. Program tersebut dilaksanakan secara berkala.(*)

Iklan