Iklan

Iklan

,

Iklan

20 KK Warga Desa Kalijaran Terima Bedah Rumah Program BSPS

Kamis, 16 Juli 2020, 00:20 WIB Last Updated 2020-07-15T17:20:42Z
CILACAP, Harian7.com - Sekitar 20 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Kalijaran Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap ditinjau tim bedah rumah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020.

Dalam bedah rumah tersebut, setiap KK menerima dana sebesar Rp. 17.500.000,- dengan rincian Rp. 15.000.000,- dalam bentuk material bangunan dan Rp. 2.500.000,- untuk tenaga yang mengerjakan. Sedangkan bedah rumah sendiri rencananya akan dilaksanakan akhir bulan Agustus 2020 mendatang.

Kepala Desa Kalijaran, Badrun S.Pd bersama Ketua LPMD, Drs. Muslih dan perwakilan Dispermades Kabupaten Cilacap, Ari Wibowo menggandeng Babinsa Koramil 07/Maos, Serma Darsono pada Rabu (15/07/2020) mensosialisasikan program BSPS kepada warga yang mendapatkan bantuan di Kantor Desa.

Kepala Desa Kalijaran dalam sambutannya mengatakan, bagi warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah program BSPS harus disyukuri karena tidak semua warga mendapatkan bantuan tersebut. Dia berharap, bantuan sebesar Rp. 17.500.000,- tersebut digunakan dengan baik untuk merehab rumah warga.

"Apabila dana bantuan tersebut ada kekurangan, maka swadaya dari si pemilik rumah itu sendiri. Untuk itu, saya harapkan dimanfaatkan se-efisien mungkin agar perehaban rumah tidak membebani warga, terkecuali mereka yang memang siap menambahnya, " katanya.

Pelaksanaan bedah rumah, ungkapnya akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2020 mendatang. Desa Kalijaran yang telah terdata  berjumlah 20 KK.

Sementara, Serma Darsono berharap agar dalam pelaksanaannya nanti, aparat desa Kalijaran berperan aktif memantau pelaksanaan bedah rumah supaya pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan lancar.

Usai sosialisasi, petugas dari Dispermades mendatangi satu persatu rumah warga guna memastikan bahwa warga yang menerima sesuai dengan kriteria penerima program BSPS.

Program BSPS sendiri merupakan bantuan pemerintah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah. (Rus)

Iklan