• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Cegah Penularan Virus Corona, Forkopincam Bancak Lakukan Penyemprotan Disinfektan Mandiri

    Rabu, 25 Maret 2020, 3:33:00 PM WIB Last Updated 2020-03-25T15:51:48Z
    Saat penyemprotan disinfektan berlangsung.
    UNGARAN,harian7.com - Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Bancak, Kabupaten Semarang  secara mandiri melaksanakan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan penularan virus Corona, Rabu (25/3/2020).

    Penyemprotan disinfektan dilaksanakan secara serentak di 9 desa se Kecamatan Bancak.

    Adapun penyemprotan mandiri ini dilakulan dengan menggunakan anggaran secara swadaya masyarakat. Untuk bahan disinfektan dibuat dengan menggunakan cairan pemutih pakaian yang dicampur air dengan takaran tertentu.

    Camat Bancak Febru Suryanto mengatakan, pihaknya telah berkonsultasi dengan Puskemas bagaimana mengupayakan disinfektan secara swadaya.

    "Kami diberi bimbingan, bahwa pembuatan disinfektan dapat menggunakan cairan pemutih pakaian yang dicampur air dengan takaran tertentu. Sehingga ini sangat membantu pemerintah kecamatan berupaya mencegah penyebaran Virus Corona/ Covid-19 di wilayah Kecamatan Bancak," kata Febru.

    Turut mendampingi penyemprotan serentak itu, Danramil Beringin Danramil 03/Getasan Kapten Inf Hermanus, Kapolsek Bringin AKP Joko Siswoyo serta sejumlah kepala desa di 9 wilayah se-Kecamatan Bancak.

    Lebih jauh Febru menuturkan, sasaran penyemprotan disinfektan serentak di 9 Desa di Kecamatan Bancak ini diantaranya Gedung Balai Desa, Sekolahan, tempat peribadatan. Sekaligus dibalut sosialisasi pencegahan Covid-19.

    Dalam penyemprotan mandiri ini, anggaran diambil dari swadaya masyarakat.

    Diakui Febru, saat hanya menunggu bantuan BPBD Kabupaten Semarang akan sangat memakan waktu. Selain SDM BPBD Kabupaten Semarang minim sementara cakupan wilayah yang harus ditangani besar sehingga Kecamatan Bancak mengupayakan sendiri.

    Sehingga, lanjut Febru , perlu dikresi inisiatif Camat. Sejauh ini, Pemerintah Kacamatan Bancak juga telah membentuk Satgas pencegahan Covid-19 di tingkat Kecamatan.

    "Satgas pencegahan Covid-19 di tingkat Kecamatan melibatkan Forkopincam, Kepala Puskesmas, Kades serta melibatkan Banser," pungkasnya.

    Dalam penyemprotan ini juga disertai sosialisasi terkait pencegahan Covid-19. Yang pasti akunya, pihak Kecamatan Bancak akan melakukan upaya melindungi masyarakat lokal sebisa mungkin.

    Untuk itu, Febru mengimbau agar masyarakat menghindari berkelompok dalam jumlah besar dan sesering mungkin mencuci tangan. Serta, selalu menjaga kebersihan.

    "Kami berharap juga kepada perangkat desa tahu wilayah dan tahu masyarakat sejak dini dengan mencatat yang masuk dan keluar," tandasnya.

    Sementara, Takmir Masjid Miftahul Huda Desa Wonokerto, Kacamatan Bancak, Kabupaten Semarang mengakui sejalan dengan himbauan pemerintah pusat bahwa pengguna karpet sementara ditiadakan.

    "Usai di jemur dan semprot disinfektan karpet di Masjid Miftahul Huda digulung. Dan bagi Muslim akan mengikuti salat berjamaah dianjurkan membawa sajadah sendiri," imbuh Takmir Masjid Miftahul Huda, KH Nurul Huda ditengah penyemprotan. (M.Nur/Na)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini