Info link

Adv

Antisipasi Corona, Di Kec Sine Ngawi Bikin Antiseptik Sendiri

Senin, 16 Maret 2020, 3/16/2020 09:50:00 PM WIB Last Updated 2020-03-16T14:50:20Z
Suasana saat membuat antiseptik.(Foto: Budi Santoso - harian7.com)
Ngawi,harian7.com - Buntut wabah virus Corona, harga cairan hand sanitizer meroket dua hingga tiga kali lipat di pasaran Indonesia. Lonjakan harga gila-gilaan terutama terjadi pada 2, 10, dan 11 Maret lalu setelah isu virus corona SARS-COV-2 masuk ke Indonesia.

Akibat dampak tersebut, Relawan Garasi (Gabungan Relawan Sine) bersama Muspika Kecamatan Sine dan Tim Sikatan Tagana Kabupaten Ngawi berinisiatif membuat antiseptik sendiri untuk mencegah wabah virus corona.

"Kita membuat cairan antiseptik dengan bahan baku yang sangat mudah. Dan bahanya mudah di dapat dari lingkungan sekitar kita,"kata Ketua Garasi Subroto, kepada harian7.com, Senin (16/3/2020).
Air daun sirih yang sudah di suling .

Dijelaskan Subroto, adapun bahan bakunya berupa daun sirih hijau maupun merah serta daun pandan."Bahan baku tersebut di rebus lalu di suling. Lalu air rebusan dan hasil sulingan tersebut digunakan sebagai cairan antiseptik dan  bagikan bagikan kepada warga untuk cuci tangan,"jelasnya.

Sementara itu, Sekcam Sine, Agung Setyo mengatakan, kegiatan ini murni atas inisiatif yang di para Relawan Sine dan para Relawan yang ada di kabupaten Ngawi. Dan kegiatan ini salah satu bentuk dalam mencegah  adanya bencana virus Corona.

"Untuk itu saya sarankan  kepada masyarakat di Kecamatan Sine khususnya, agar senantiasa  untuk rajin cuci tangan guna mencegah terjangkitnya virus corona,"ungkapnya.

"Mudah - mudahan wabah virus Corona ini tidak merebak ke mana mana,"harap Agung. (*)

Laporan: Budi Santoso
Laporan Kontributor Ngawi
Editor : M.Nur
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini