Iklan

Adv

Buntut Protes Persiku Yunior Kudus - Walikota Salatiga : Jika Benar Terbukti Ada Pemalsuan Data/Dokumen Pemain HBFC Salatiga, Itu Masuk Ranah Pidana

Rabu, 27 November 2019, 11:47:00 PM WIB Last Updated 2019-11-27T16:49:44Z
SALATIGA, harian7.com - Buntut dugaan adanya pemalsuan data atau dokumen salah satu pemain yang juga menjadi Kapten HBFC Salatiga Anggi Rio Putra Pratama dalam Piala Suratin U-17 Jateng, hal itu tidak menjadikan masalah. Pasalnya, sejak awal pendaftaran data yang telah diserahkan HBFC kepada Askot PSSI Jateng juga telah lolos verifikasi.

Adrik Shudiro, Asisten Pelatih HBFC Salatiga mengatakan, bahwa pihaknya mengaku telah mendengar jika Persiku Yunior Kudus melakukan protes yang disampaikan kepada Asprov PSSI Jateng.

"Intinya, dari kami bahwa persyaratan pendaftaran pemain HBFC itu sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Bahkan, dari awal pendaftaran pemain, data+data yang ang kita masukkan telah diverifikasi oleh Asprov PSSI Jateng," kata Adrik melalui pesan WhatsApp (WA) kepada harian7.com, Rabu (27/11/2019).

Sementara itu, Ketua Umum Askot PSSI Salatiga, HM Fathurrahman SE MM menyatakan, bahwa pihaknya menilai jika jajaran pengurus, manajer, pelatih hingga oficial HBFC itu sangat menjunjung tinggi sportifitas. Apabila memang ada protes dari Persiku Yunior Kudus terkait administrasi maupun pelaksanaan pertandingan putaran Piala Suratin U-17 Jateng, maka dapat ditempuh sesuai dengan aturan yang ada.

"Informasi dari manajemen HBFC bahwa dari awal rekruitmen/seleksi pemain baik dalam administrasi maupun kualitas pemain sudah dilakukan dengan teliti. Jika memang ada pemalsuan harusnya sejak awal pasti diketahui," ujar Maman, demikian biasa disapa kepada harian7.com, Rabu (27/11/2019).

Sedangkan Plt Ketua KONI Kota Salatiga Agus Purwanto SPt menyatakan, bahwa terkait adanya protes yang dilakukan pihak Persiku Yunior Kudus itu, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Hanya saja,  sebelum mengikuti kompetisi tentunya semua data atlet atau pemain pasti sudah valid dan melalui tahapan pemeriksaan oleh penyelenggara.

"Setiap kompetisi apapun itu tentu ada regulasi yang mengatur segala sesuatunya. HBFC bersama dengan Askot PSSI Salatiga tentunya sudah memenuhi semua persyaratan administrasi yang telah ditetapkan oleh Asprov PSSI Jateng. Informasi yang saya dapatkan dari Askot PSSI Salatiga bahwa data-data yang disampaikan ke Asprov PSSI Jateng oleh HBFC Salatiga sudah sesuai dengan regulasi dan aturan uang ada," jelas Agus Purwanto.

Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM menyatakan, apabila data-data dari para pemain HBFC Salatiga itu ada yang palsu maka hal itu dapat masuk pada ranah pidana. Namun, harus diingat sejak dari awal tentunya data itu terkait dengan identitas pemain misalkan saja selain ijazah juga E-KTP ataupun ada data lain.

"Kalau memang baru sekarang setelah HBFC Salatiga berhasil menjadi juara Piala Suratin U-17 Jateng dan baru diketahui ada data salah satu pemain yang diduga palsu, maka patut diduga ada yang memalsukan. Sekali lagi, jika benar terbukti maka ini sudah masuk pidana," kata Yuliyanto kepada harian7.com melalui sambungan telepon, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, sejak awal pendaftaran harusnya sudah diketahui jika memang ada data dari pemain HBFC ada yang tidak beres atau boleh dikatakan palsu. Namun, muncul dugaan ada pemalsuan setelah perhelatan Piala Suratin U-17 Jateng selesai. HBFC Salatiga menjadi juara dengan mengalahkan Persiku Yunior Kudus.

"Harapan saya, semoga saja apa yang diprotes oleh Persiku Yunior Kudus itu tidak terjadi di HBFC. Kita serahkan semuanya kepada Asprov PSSI Jateng," tandas Yuliyanto.

Terpisah, Kuasa Hukum Persiku Yunior Kudus Dio Hermansyah SH menyatakan, bahwa terkait dengan protes yang dilayangkan Persiku Yunior Kudus kepada operator penyelenggara Piala Suratin U-17 Jateng itu, maka pada Kamis (28/11/2019) akan dilakukan sidangnya di Asprov PSSI Jateng.

"Kamis (28/11/2019) sore sekitar pukul 15.00 wib, Asprov PSSI Jateng akan menggelar sidangnya terkait dengan protes dari Persiku Yunior Kudus terhadap dugaan adanya pemalsuan data salah satu pemain HBFC Salatiga," tandas Dio Hermansyah SH. (Heru Santoso)

Berita Sebelumnya:
Kemenangan HBFC Salatiga Atas Persiku Yunior Kudus Menuai Protes, Diduga HBFC Palsukan Data Kelahiran Kapten Tim
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini