Iklan

Iklan

,

Iklan

Slamet Budiarto: Dokter Spesialis Di Cilacap Masih Kurang

Redaksi
Senin, 05 November 2018, 16:51 WIB Last Updated 2018-11-05T09:51:00Z
Cilacap, Harian7.com - Dokter spesialis di Kabupaten Cilacap masih belum memenuhi standart dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, sehingga perlu adanya penambahan. Sedangkan untuk dokter umum di Cilacap sudah cukup, dan sesuai standar Kemenkes.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Slamet Budiarto saat ditemui harian7.com di kantornya, Senin (05/1/2018) mengatakan dokter spesialis di Cilacap saat ini sekitar 60 orang, dan tersebar di seluruh rumah sakit di wilayah Cilacap.

"Meski sudah banyak, namun belum memenuhi standart Kemenkes, sehingga perlu adanya tambahan mengingat banyaknya penduduk Cilacap," katanya.

Dia menjelaskan, dokter spesialis yang sudah ada di Cilacap antara lain spesialis dalam, spesialis anak, spesialis kandungan, spesialis bedah, spesialis syaraf, namun Cilacap masih kekurangan dokter spesialis.

"Salah satunya rumah sakit yang kekurangan atau minim dokter spesialis yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majenang, dan sangat perlu adanya penambahan. Terlebih di pelosok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut Slamet menjelaskan, minimnya dokter spesialis di Cilacap khususnya di pelosok memang sangat berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan, terlebih banyak pasien yang sangat membutuhkan penanganan oleh dokter spesialis, namun terkadang terkendala akan hal tersebut.

"Kami akan berupaya mengatasinya dan kedepan akan berusaha untuk meningkatkan pelayanan kesehatan menjadi lebih baik dengan salah satunya penambahan dokter spesialis khususnya di wilayah pelosok," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan