Tanya Bunda Muza : Bun..? Orang Muslim Itu Boleh Atau Tidak Memelihara Anjing

Penanya : Rian Dwi Susanto Bunda Muza apakah kita sebagai orang yang beragama Islam boleh memelihara anjing. Bunda Muza : Assalamu’...




Penanya : Rian Dwi Susanto
Bunda Muza apakah kita sebagai orang yang beragama Islam boleh memelihara anjing.

Bunda Muza :
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, baik menjawab pertanyaan dari saudara Rian, Bunda Muza akan menjelaskan, Di dalam kajian fiqih atau hukum Islam, anjing dimasukkan dalam kategori hewan najis. Ini berakibat pada tidak bolehnya seorang muslim memelihara anjing.

Namun, larangan tersebut ditekankan kepada niat pemeliharaan tanpa maksud lain atau untuk hiburan. Sementara untuk hajat tertentu, terdapat ulama yang membolehkan memelihara anjing.

Berdasarkan pendapat Imam Nawawi yang tertuang dalam kitab Al Majmu Syarah Al Muadzab membolehkan umat Islam memelihara anjing dengan hajat untuk berburu, menjaga ternak, menjaga kebun, termasuk menjaga rumah. Selain hajat tersebut, maka dilaranglah kita sebagai umat muslim untuk memelihara anjing.

Dalam kitab Al Majmu Syarah Al Muadzab, Imam Nawawi berkata:

"Nabi Muhamad SAW memberikan keringanan pada anjing buruan dan anjing penjaga ternak, dalam riwayat yang lain, anjing penjaga tanaman dan melarang memelihara anjing dari selain tujuan itu. Para sahabat kami dan lainnya telah sepakat bahwa haram memelihara anjing tanpa ada hajat (keperluan) seperti memelihara anjing karena kagum dengan bentuknya atau karena untuk bangga-banggaan, maka ini semua haram tanpa khilaf."

Pendapat tersebut didasarkan pada hadits Rasulullah Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

"Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk menjaga binatang ternak dan anjing untuk berburu, maka amalannya berkurang setiap harinya sebanyak satu qirath (satu qirath sama seperti sebesar Gunung Uhud)."

Tetapi, dalam kitab Fathul Bari, ulama Ibnu Abdil Barr menyebut memelihara anjing merupakan amalan makruh dan bukan haram. Dia berpendapat kata 'berkurang dari amalnya' dalam hadits Rasulullah itu tidak berarti mengharamkan memelihara anjing, sehingga Ibnu Abdil Barr menghukumi makruh.

“Dan ucapan, 'Berkurang dari amalnya' maksudnya 'dari pahala amalnya', ini mengisyaratkan bahwa menjadikannya (binatang peliharaan) tidaklah haram, karena setiap yang menjadikannya dihukumi haram, maka dilarang juga menjadikannya dalam keadaan apapun, sama ada pahalanya berkurang ataupun tidak. Maka hal itu menunjukkan bahwa menjadikannyanya hukumnya adalah makruh bukan haram."

Pendapat ini dibantah oleh Al Hafidz Ibnu Hajar. Dalam kitab Fathul Bari pula, dia menyebut pendapat Ibnu Abdil Barr tidak lazim.

"Apa yang diklaim Ibnul Abdil Barr dari tidak haramnya hal itu dan bersandar dengan apa yang telah ia sebutkan tadi, tidaklah lazim. Bahkan berkemungkinan hukuman (kurang satu atau dua qirath) terjadi dengan tidak mendapat taufiq untuk beramal pada kadar satu qirath daripada amalan-amalan baiknya walau tidak memelihara anjing sekalipun. Dan berkemungkinan memelihara anjing itu adalah haram, dan apa yang dikehendaki dengan pengurangan ialah dosa yang terhasil dengan memelihara anjing adalah bersamaan kadar satu atau dua qirath daripada pahala, maka pahala pemelihara anjing berkurang pada kadar apa yang ditetapkan ke atasnya daripada dosa kerana memeliharanya iaitu satu atau dua qirath."

Dari pendapat ini, para ulama menyatakan memelihara anjing hanya dibolehkan apabila dimaksudkan untuk berburu, menjaga binatang ternak, kebun dan rumah. Selain dari maksud yang disebutkan, maka memelihara anjing tidak diperbolehkan, meski jika karena mengagumi jenis anjing itu.

Demikian yang dapat Bunda Muza Jelaskan, jika ada yang salah mohon di koreksi. Trimakasih.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

COMMENTS

Nama

ARUS MUDIK,12,BANJARNEGARA,1,BANTUL,1,BANYUMAS,6,BERITA DAERAH,67,BERITA FOTO,13,BERITA TERKINI,3362,BIRO KEDU,47,BISNIS,17,BLORA,21,BOYOLALI,22,Budaya,19,CILACAP,233,DEMAK,2,EKONOMI,2,EKONOMI DAN BISNIS,19,FINANCE,7,GAYA HIDUP,25,HARIAN NASIONAL,32,harian7@mail.salatiga,1,HARIAN7HOTNEWS,2,HEALTH FINANCE NEWS,9,HIBURAN,31,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INFO HAJI 2019,16,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,3,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,28,JATIM,4,JAWA TIMUR,2,JOGJA,17,KABAR DESA,13,KABAR PILKADA,35,KABAR PILPRES 2019,1,KABAR POLISI,473,KABAR TNI,119,KABAR TNI POLRI,33,KENDAL,8,KOMUNITAS,1,KRIMINAL,242,KUDUS,5,KULINER,23,LAKA LANTAS,2,Life Style,26,MAGELANG,419,MATA KAMERA,10,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,214,NEWS,7469,NEWS FOTO,19,NTT,6,OLAHRAGA,10,OPINI,1,PANTURA,3,PEMILU,23,PENDIDIKAN,115,PERISTIWA,291,PILPRES,27,POLITIK,208,Purwodadi,2,SALATIGA,2676,SELEB,16,SEMARANG,792,SLEMAN,1,SOLO RAYA,53,SOSIALITA,1,SOSOK,8,SPORT,5,SUARA JABAR,68,Suara Jatim,8,SUARA PANTURA,1,SULAWESI,277,SUMUT,12,TANYA BUNDA MUZA,2,TEMANGGUNG,135,TIPS BUNDA MUZA,4,UNGARAN,1631,VIDEO,28,WARTA PEMBACA,25,WISATA,7,WONOSOBO,3,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Tanya Bunda Muza : Bun..? Orang Muslim Itu Boleh Atau Tidak Memelihara Anjing
Tanya Bunda Muza : Bun..? Orang Muslim Itu Boleh Atau Tidak Memelihara Anjing
https://1.bp.blogspot.com/-roGOF0wdkFc/XUguFPsEtHI/AAAAAAAAes8/qRW3G72n7mckFJv92GpXKFOpzgkckYVIACLcBGAs/s400/photo%2B57%2B20-22-36.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-roGOF0wdkFc/XUguFPsEtHI/AAAAAAAAes8/qRW3G72n7mckFJv92GpXKFOpzgkckYVIACLcBGAs/s72-c/photo%2B57%2B20-22-36.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2019/08/tanya-bunda-muza-bun-orang-muslim-itu.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2019/08/tanya-bunda-muza-bun-orang-muslim-itu.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy