Iklan

Iklan

,

Iklan

Sosialisasi Keselamatan Lalulintas, Para Pelajar Dalam Berkendara Untuk Selalu Perhatikan ‘Safety’

Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2019, 01:01 WIB Last Updated 2019-08-01T18:08:34Z
SALATIGA, harian7.com – Ratusan pelajar dan guru dari berbagai sekolah tingkat SLTA di Kota Salatiga mengikuti Sosialisasi Keselamatan Berlalulintas di jalan raya, yang digelar Satlantas Polres Salatiga, di Hotel Laras Asri Salatiga, Kamis (1/8/2019). Salah satu tujuan digelarnya sosialisasi ini adalah sebagai upaya menekan kejadian kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Salatiga.

        Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi menjelaskan, bahwa kegiatan sosialisasi ini hasil kerjasama antara Satlantas Polres Salatiga dengan Dinas Pendidikan Kota Salatiga. Peserta sosialisasi adalah pelajar dan orangtua siswa SMA dan SMK di Kota Salatiga. Mengapa mengundang para pelajar dalam sosialisasi ini, karena selama ini masih banyak pelajar yang dalam berkendara kendaraan bermotor mengabaikan faktor keselamatan berlalulintas di jalan raya.

“Masih banyak pengendara motor dari kalangan pelajar yang menggunakan sepeda motor, kelengkapan kendaraannya tidak sesuai stabdar. Misalkan, motor menggunakan ban lebih kecil seukuran ban sepeda, motor tanpa kaca spion, knalpot yang dipasang ‘ngebrong’, serta pengendara tidak memakai helm standar. Dari hal kecil ini, dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya,” jelas AKBP Gatot Hendro Hartono didampingi Kasat Lantas AKP Marlin Supu Payu kepada harian7.com, di Hotel Laras Asri Salatiga.

Ditambahkan, dari jumlah total kejadian kecelakaan lalulintas di Kota Salatiga, sekitar 50 % lebih korbannya adalah mereka tergolong generasi millenial. Bahkan, data pelanggaran berlalulintas tertinggi masih didominasi kalangan millenial. Dengan adanya sosialisasi ini, harapannya para pelajar dalam berkendara untuk selalu memperhatikan safety.

Dalam sosialisasi ini, selain Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono dan Kasat Lantas AKP Marlin Supu Payu, nara sumber lain yang dihadirkan adalah Kabag Asuransi Jasa Raharja (Oloan Sianipar), Kepala Dishub Kota Salatiga (M Sidqon Effendi) serta Kanit Dikyasa Satlantas Polres Salatiga (Iptu Wasiyadi). Tidak kurang 300 peserta sosialisasi hadir dalam acara yang diakhiri sekitar pukul 12.00 wib.

Selain Kapolres Salatiga, hadir pula dalam sosialisasi ini Waka Polres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya SSos, perwakilan Dinas Pendidikan Kota Salatiga, Kepala Dishub Kota Salatiga M Sidqon Effendi SSiT MT, perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum Ir Joko Supriyanto, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga dr Rasit Al Hakim, Kabag Asuransi Jasa Raharja Oloan Sianipar, serta para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Salatiga. (Heru Santoso)

Iklan