Iklan

Iklan

,

Iklan

Kapolres Salatiga Pimpin "Apel Kentongan" di Kecamatan Sidomukti

Redaksi
Rabu, 13 Februari 2019, 11:07 WIB Last Updated 2019-02-13T14:25:24Z
SALATIGA, harian7.com - Situasi Kamtibmas menjelang Pemilu dan Pilpres 2019 ini sangat perlu diperhatikan. Pasalnya, ini bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah namun menjadi tanggung jawab kita semua. Dari sini, harus ada kerjasama yang baik hingga masyarakat yang paling bawah yaitu RT dan RW. Dengan terjalinnya kerjasama tersebut maka keamanan lingkungan akan menjadi kondusif. Demikian ditegaskan Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono dalam amanatnya pada Apel Kentongan se wilayah Kecamatan Sidomukti, Salatiga, Rabu (13/2/2019).

"Demi terlaksananya keamanan lingkungan yang baik dan tetap kondusif, maka harus ada dan terjalin kerjasama yang baik antara pemerintah, aparat keamanan dengan masyarakat paling bawah yaitu RT dan RW. Apalagi, sekarang ini menjelang Pemilu dan Pilpres 2019 maka keamanan lingkungan harus menjadi prioritas utama demi situasi yang tetap kondusif," jelas AKBP Gatot Hendro Hartono didampingi Kasubbag Humas AKP Djoko Lelono kepada harian7.com, usai pelaksanaan apel, Rabu (13/2/2019).

Ditambahkan, bahwa dengan pelaksanaan siskamling di masing-masing wilayah, ini suatu kesatuan yang meliputi komponen yang saling bergantung dan berhubungan erat. Selain itu, saling mempengaruhi dan dari sini dapat menghasilkan daya kemampuan sebagai sarana menjaga keamanan dan ketertiban lingkungannya.

"Tujuan siskamling itu sendiri adalah untuk menciptakan situasi aman tenteram dan tertib. Harapannya usai apel ini, akan menggugah hati masyarakat untuk sama-sama dalam mendukung sengkuyung dalam menghidupkan siskamling. Bahkan, untuk Poskamling yang sekarang sudah ada, hendaknya akan semakin semarak dan lebih bermanfaat bagi warganya," tandasnya.

Apel Kentongan di Kecamatan Sidomukti ini, dihadiri Danramil Kota Salatiga, Camat Sidomukti beserta ASN dan Staf, para Lurah di Kecamatan Sidomukti serta RT dan RW dari masing-masing kelurahan di Kecamatan Sidomukti.

Sejumlah Ketua RT dan RW menyambut baik dengan digelarnya Apel Kentongan ini. Pasalnya, dari sini akan semakin menggugah bahkan menggiatkan warga untuk lebih giat dan aktif dalam menjaga keamanan lingkungannya. Melalui kentongan ini akan lebih mudah untuk mengumpulkan warga dan ini merupakan alat yang benar-benar "jitu" dalanlm siskamling.

"Terus terang kami bangga dan senang dengan adanya Apel Kentongan ini. Pasalnya, Kentongan yang mungkin mulai banyak yang meninggalkan namun alat ini adalah salah satu alat yang "jitu" untuk mengumpulkan warga dan sebagai pertanda khusus dalam melaksanakan siskamling," tutur Pak Mar (53) dan Hardi (57) keduanya mengaku sebagai pengurus RW dari wilayah Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga. (Heru Santoso)

Iklan