Iklan

Iklan

,

Iklan

Kesenian Kuda Lumping Harus Dipertahankan dan Dilestarikan

Kamis, 27 Desember 2018, 23:44 WIB Last Updated 2018-12-27T17:40:34Z
Cilacap, Harian7.com - Menyambut Tahun Baru 2019 warga Desa Sikanco Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap menggelar gebyar kesenian tradisional Kuda Lumping.

Kesenian asli Banyumas ini digelar Kamis (27/12/2018) di halaman kediaman Suratman warga Desa Sikanco dengan pengamanan dari Babinsa Sikanco Koramil 05/Nusawungu, dan Bhabinkamtibmas.

Babinsa Desa Sikanco, Koramil 05/Nusawungu, Kopda Tohorin  menyambut hangat acara pertunjukan kesenian kuda lumping tersebut.

Dia juga mengucapkan terimakasih  kepada tuan rumah dan warga Desa Sikanco  yang turut hadir menyaksikan pertunjukan kesenian Kuda Lumping.

Selain sebagai hiburan warga, menurutnya pentas kuda lumping yang kini banyak digemari masyarakat berbagai kalangan ini juga untuk melestarikan budaya kesenian daerah.

"Saya bersama Babinkabtibmas siap membantu keamanan pertunjukan seni kuda lumping ini," tandasnya.

Disamping itu, jelasnya pertunjukan kesenian kuda lumping, juga untuk memperkenalkan kesenian daerah kepada anak cucu kita agar kesenian ini harus tetap dipertahankan dan dilestarikan keberadaannya.

"Di jaman yang modern ini banyak kebudayaan daerah yang terlupakan seiring dengan kemajuan tekhnologi," tegas Babinsa.
Dia berharap semoga kesenian tradisional Indonesia tidak punah dengan kemajuan zaman. Keaneka ragaman seni dan budaya inilah yang membedakan Indonesia dengan bangsa yang lain. (Rusmono)

Iklan