Iklan

Iklan

,

Iklan

Peringati Hari Pahlawan, Digelar Pentas Drama Ala Rutan Salatiga, Angkat Kisah Perjuangan Gerilya Jendral Sudirman dan Bung Tomo

Redaksi
Sabtu, 10 November 2018, 13:34 WIB Last Updated 2018-11-10T06:34:24Z
SALATIGA,harian7.com - Segenap Warga Binaan Pemasyarakatan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Salatiga mengikuti acara peringatan Hari Pahlawan, Sabtu (10/11/2018). Acara yang dikemas dengan pementasan drama perjuangan gerilya Jenderal Sudirman dan Bung Tomo serta lagu-lagu kebangsaan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga siang dan berlangsung cukup khidmat dan meriah.

Selain segenap warga binaan, seluruh petugas dan staf Rutan juga turut hadir. Bahkan, keluarga dari beberapa warga binaan yang hadir juga turut serta menyaksikan pementasan tersebut.

Kepala Rutan Salatiga, Hero Sulistiyono kepada wartawan mengatakan bahwa pada hari ini diseluruh rutan dan lapas di Indonesia juga dilaksanakan acara yang sama. Untuk di Salatiga, lanjut Hero, seluruh rangkaian acara disiapkan dan diisi oleh para warga binaan.

“Hari ini, (Sabtu) memang dilaksanakan peringatan Hari Pahlawan 10 November di semua rutan dan lapas di seluruh Indonesia serta dapat diakses  secara langsung melalui aplikasi zoom yang terpusat di Lapas Pemuda Tangerang. Di rutan Salatiga, kami mendorong warga binaan untuk memiliki inisiatif berkreasi menampilkan pentas drama dan menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dalam memperingati perjuangan para pahlawan dan untuk diteladani dalam menjalankan kehidupan setelah bebas nanti ,” terang Hero.

Berkaitan dengan warga binaan, Hero mengatakan bahwa di rutan Salatiga ini setiap hari diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya, kata dia, perayaan hari nasional yang kemudian menjadi wadah bagi warga binaan untuk unjuk kreatifitas.

“Jadi kami selalu mendorong untuk berkegiatan secara positif. Kami selalu fasilitasi acara-acara peringatan hari nasional seperti hari pahlawan kali ini. Hal ini kami lakukan untuk memberikan ruang kreasi bagi warga binaan agar terhindar dari kejenuhan dan cenderung berpikiran positif selama menjalani masa hukuman di rutan ini,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan (Kasubsie Pel-Tah) Rutan Salatiga, Dwi Murdanto. “ Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi para warga binaan terutama yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Pelayanan  ini tentu saja juga didukung oleh semua staf dan pegawai rutan yang menjadi garda depan dalam melayani para warga binaan. Acara peringatan hari pahlawan ini salah satunya,” pungkasnya.

Sama halnya yang disampaikan Kasubsi Pengelolaan Rutan, Sumarno, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong agar para warga binaan dapat meneledani perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini.(M.Nur)

Iklan