Iklan

Iklan

,

Iklan

PDIP Salatiga Bersiap Buka Pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk Pilkada 2024,Begini Jelasnya

Redaksi
Senin, 29 April 2024, 14:36 WIB Last Updated 2024-04-29T07:36:58Z
Ketua DPC PDIP Kota Salatiga, Dance Ishak Palit.

Laporan: Muhamad Nuraeni


SALATIGA | HARIAN7.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Salatiga telah mengumumkan persiapan untuk membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Salatiga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.


Ketua DPC PDIP Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerima surat resmi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP untuk memulai proses penjaringan tersebut.


"Kami akan membuka pengambilan formulir pendaftaran mulai tanggal 10 hingga 12 Mei 2024, dengan batas pengembalian formulir pada tanggal 20 hingga 23 Mei 2024," ungkap Dance saat dikonfirmasi harian7.com, Senin (29/4/2024).


Menurut Dance, proses penjaringan ini terbuka untuk masyarakat umum dan bukan hanya terbatas pada kader-kader PDIP saja. Formulir pendaftaran dapat diambil langsung di Kantor DPC PDIP Salatiga.


Sementara itu, Dance menyatakan bahwa beberapa kader internal partai telah diminta untuk mempertimbangkan pencalonan diri, berdasarkan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki. Namun, ia enggan menyebutkan nama-nama kader yang dimaksud.


"Kami belum dapat memastikan siapa yang akan mendaftar, semuanya tergantung pada kesungguhan mereka dalam proses pendaftaran," tambahnya.


Lebih lanjut, setelah tahap pengembalian formulir pendaftaran, bakal calon tersebut akan diminta untuk mempresentasikan program dan visi misi mereka kepada seluruh kader partai hingga tingkat paling bawah. Hal ini bertujuan agar para bakal calon tidak hanya dikenal di kalangan elit partai.


"Para calon akan memiliki kesempatan untuk menyampaikan visi misi mereka kepada seluruh kader, dari tingkat ranting hingga anak ranting," jelasnya.


Dance juga mengungkapkan bahwa para pendaftar yang tertarik dapat mengambil dua formulir pendaftaran, baik untuk calon wali kota maupun wakil wali kota.


Selanjutnya, akan dilakukan proses fit and proper test oleh DPD PDIP Jawa Tengah dan DPP PDIP. Sambil menunggu proses tersebut, Dance mengatakan bahwa pihaknya juga sedang melakukan komunikasi dengan partai lain untuk membentuk koalisi.(*)

Iklan