Iklan

Iklan

,

Iklan

Anggota Koramil 01/Cilacap Berikan Materi bela Negara dan LDDK

Redaksi
Jumat, 28 September 2018, 00:43 WIB Last Updated 2018-09-27T17:43:05Z
Cilacap, Harian7.com - Komandan Rayon Militer (Danramil) 01/ Cilacap, Kapten Kav Nur Sohib Anshori pimpin langsung Latihan Dasar Disiplin Korp (LDDK) dan Bela Negara siswa -siswi SMP Negeri 8 Cilacap.

Pemberian materi Bela Negara dan LDDK terhadap Siswa-siswi SMP Negeri 8 Cilacap dilaksanakan di aula SMP Negeri 8 Cilacap, Kamis (27/09/2018).

Diawali kegiatan apel pagi, salah satu anggota Koramil Serma Puryanto memberikan motivasi seluruh peserta LDDK dengan yel yel dan menyanyikan lagu selamat datang.

Kegiatan yang diikuti 245 peserta LDDK itu dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan dan Waspada Narkoba yang disampaikan Danramil 01. Peserta LDDK tampak antusias dalam menerima pengarahan wawasan kebangsaan.

Saat ditemui Danramil 01/ Cilacap, Kapten Kav Nur Sohib Anshori mengatakan, bahwa sangat penting dan mendasar bagi generasi muda sebagai penerus bangsa dibekali ilmu tentang wawasan kebangsaan terutama tentang pengertian 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

"Selain itu semua, tidak kalah penting bagi mereka untuk senantiasa waspada terhadap bahaya narkoba," ungkapnya.

Dia berharap melalui kegiatan ini para siswa memiliki wawasan kebangsaan, disiplin yang tinggi serta mempunyai dasar-dasar kepemimpinan nantinya mereka tidak mudah terpengaruh oleh pergaulan diluar.

"Hal mendasar ini harus dimiliki oleh mereka, " kata Kapten Kav Nur Sohib Anshori

Tidak hanya materi wasbang, para siswa ini dilatih tentang Tata Upacara Bendera (TUB) di lapangan upacara SMP Negeri 8 Cilacap. Dipandu Serma Puryanto, para siswa menerima penjelasan dan pelatihan tentang bagaimana cara menyelenggarakan upacara di sekolah.

Dalam kegiatan ini terpilih 60 orang sebagai Siswa-siswi terbaik yang akan dipilih dalam kegiatan kesiswaan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 8 Cilacap, Marjoko menyampaikan terima kasih kepada pihak Koramil 01/Cilacap dalam kegiatan ini.

Dia berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswinya mempunyai wawasan kebangsaan serta menjadikan mereka terdidik dan terlatih dengan baik dan benar serta dapat menangkal pengaruh narkoba.

"Terima kasih kepada anggota TNI dari Koramil 01/Cilacap kegiatan ini tentunya sangat berarti bagi kami dan para siswa," pungkas Marjoko. (Rusmono)

Iklan