Iklan

Iklan

,

Iklan

Sekda Salatiga : Pelayanan Kepada Masyarakat Harus Terus Diawasi dan Ditingkatkan

Redaksi
Minggu, 18 Maret 2018, 19:04 WIB Last Updated 2018-03-18T12:04:18Z
Sekda Kota Salatiga Drs Fakruroji, saat memberikan paparannya.
SALATIGA, harian7.com – Seminar terkait dengan dengan pengawasan pelayanan publik kerjasama Ombudsman RI perwakilan Jateng, UKSW Salatiga, serta Pemkot Salatiga, digelar di Auditorium Tan Ik Hay, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UKSW Salatiga, belum lama ini. Nara sumber yang dihadirkan adalah Sekda Kota Salatiga (Drs Fakruroji), Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah (Sabarudin Hulu SH) dan Dosen Sosiologi UKSW (Dr Ir Sri Suwartiningsih MSi).

Menurut Sekda Salatiga, Drs Fakruroji dikatakan, bahwa pemerintah merupakan ujung tombok dalam pelayanan publik. Sehingga, pelayanan ke masyarakat harus terus diawasi dan ditingkatkan. Adanya reformasi birokrasi untuk menciptakan birokrasi yang bersih, akuntabel, dan menciptakan pemerintahan kota yang good governance dan clean governance merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kualitas di dalam pemerintahan.

“Selain itu, peran perguruan tinggi juga sebagai fasilitasi penguatan good governancedan clean governance tersebut. Mahasiswa harus menjadi penghubung advokasi hak warga negara dalam pelayanan publik. Dengan adanya kerjasama yang baik antara pihak kampus, pemkot salatiga maupun ombudsman nantinya akan menciptakan pelayanan publik yg baik untuk masyarakat,” kata Fakruroji.

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, Sabarudin Hulu SH menyatakan, bahwa Ombudsman RI Jateng adalah lembaga negara yang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik di daerah khususnya di wilayah Jawa Tengah. Lembaga ini akan selalu komitmen memberikan pengawasan ke pelayanan publik agar menjadi lebih baik. Juga untuk melakukan pengawasan, pencegahan praktek maladministrasi, diskriminasi, korupsi, kolusi dan nepotisme yang dapat menimbulkan kerugian materiil maupun imateriil bagi masyarakat ataupun perorangan.

“Para mahasiswa harus memberikan kontribusinya dalam pengawasan atas pelayanan publik baik secara internal maupun pengawasan eksternal. Ombudsman akan bekerjasama dengan pihak Rektor UKSW, bersama-sama melakukan penelitian dan mengawasi pelayanan publik yang ada di Kota Salatiga. Kita siap hadir bersama-sama melakukan pengawasan,” kataya.

Sedangkan, Dosen Sosiologi UKSW, Dr Ir Sri Suwartiningsih MSi menyatakan, bahwa keberadaan pelayanan publik di Kota Salatiga ini harus mendapatkan perhatian yang lebih. Pasalnya, dengan letak kota yang strategis dengan kondisi wilayahnya yang sejuk dan aman menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih predikat Kota Salatiga sebagai kota pluralis tingkat nasional juga akan menjadi daya tarik yang harus digarap serius. Penataan wajah kota juga harus dibuat lebih menarik dengan memperhatikan aspek kebutuhannya.

“Penataan wajah Kota Salatiga harus dibuat lebih menarik karena posisi Salatiga yang sangat strategis. Pelayanan ke masyarakat juga harus lebih ditingkatkan,” tandasnya. (HMS / Heru)

Iklan