Iklan

Iklan

,

Iklan

Salatiga Sejahtera: Mengukir Masa Depan Melalui Otonomi Daerah dan Kesiapsiagaan Bencana

Redaksi
Kamis, 25 April 2024, 10:28 WIB Last Updated 2024-04-25T03:29:46Z


Kepala Staf Kodim 0714/Salatiga Ikuti Apel Luar Biasa untuk Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII dan Kesiapsiagaan Bencana Tingkat Kota Salatiga TA 2024



Laporan: Muhamad Nuraeni



SALATIGA | HARIAN7.COM - Kepala Staf Kodim 0714/Salatiga Mayor Inf Hermanus turut serta dalam Apel luar biasa yang diadakan dalam rangka Peringatan hari Otonomi Daerah XXVIII dan kesiapsiagaan bencana tingkat Kota Salatiga TA 2024. Acara tersebut diselenggarakan di Halaman Pemkot Jl. Sukowati No.74, Kalicacing, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga.


Dengan tema "Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat", Apel tersebut dibina oleh Sekda Kota Salatiga Ir. Wuri Pujiastuti, M.M. dan dipimpin oleh Kepala BPBD Kota Salatiga Roy Anjar Miftachul Umami, S.ST. Sebanyak ± 250 orang turut serta dalam kegiatan ini.


Dalam amanat yang dibacakan oleh Sekda, tema Hari Otonomi Daerah ke XXVII dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.


"Selain itu, tema ini juga bertujuan untuk mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,"katanya.


Setelah 28 tahun berlalu, lanjut Sekda, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan kemampuan Fiskal Daerah.


"Pemerintah berharap daerah-daerah otonom baru yang berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya dapat memanfaatkannya untuk pembangunan program-program yang meningkatkan kesejahteraan rakyat,"terangnya.


Menyikapi Hari Kesiapsiagaan Bencana, diharapkan adanya langkah konkret dalam pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini. "Lebih dari sekadar seremoni, Hari Kesiapsiagaan Bencana harus mengedepankan aksi nyata dengan target yang nyata,"pungkasnya.


Setelah Apel kesiapsiagaan bencana tingkat Kota Salatiga dan Peringatan hari Otonomi Daerah XXVIII Ta 2024, dilanjutkan kegiatan simulasi penanganan gempa.

Iklan