Iklan

Iklan

,

Iklan

One Way Jl. Jendral Sudirman Ambarawa Berakhir, Jalur Kembali Dibuka 2 Arah

Admin: Shodiq
Kamis, 02 Mei 2024, 15:30 WIB Last Updated 2024-05-02T08:30:21Z

 

Dok.Siehum Ressmg|istimewa.

Laporan : Shodiq|Editor: Bang Harju

UNGARAN|HARIAN7.COM - Penerapan One way atau jalan searah mengubah dua jalur menjadi satu arah pada waktu-waktu tertentu merupakan solusi untuk mengurai kemacetan. Sebagai contoh, Jalan Jendral Sudirman atau depan pasar Projo Ambarawa seringkali menjadi jalur paling padat saat mudik. 



 Sistem Satu Arah (SSA) atau One Way Yang diterapkan di Jl. Jendral Sudirman Ambarawa atau depan Pasar Projo, yang dimulai (4/4/2024) - (17/4/2024) saat Ops Ketupat Candi 2024, selanjutnya diperpanjang hingga Kamis (02/05/ 2024).Terhitung mulai hari ini, Kamis(02/05/2024) jalur kembali dibuka menjadi 2 arah. 


Hal tersebut disampaikan Kasat Lantas Polres Semarang, AKP Arpan SIK, MH, M.Si., melalui Kaur Bin Ops (KBO) Lantas Iptu Zaenudin. Ia menerangkan bahwa untuk jalur dinormalkan kembali seperti awal sebagai evaluasi, serta menunggu legalitas dari kementrian PUPR. 


"Setelah dilakukan koordinasi dan evaluasi bersama antara pihak Polres Semarang dan pemerintah Kab. Semarang, untuk saat ini dimulai pada Kamis (2/5/2024) pukul 10.00 Wib jalur Jl. Jendral Sudirman atau di depan pasar Projo Ambarawa, sudah dibuka kembali menjadi dua arah. Hal ini sekaligus menunggu surat rekomendasi dari kementrian PUPR, perihal rencana penerapan Sistem Satu Arah atau One Way" terangnya. 


Ditambahkan,  apabila sudah ada rekomendasi dari kementrian terkait, pihaknya akan bersinergi dengan Pemkab. Semarang dalam penerapan One Way. Tentunya akan merubah situasi jalur, dengan menghilangkan median jalan yang ada di tengah tengah jalur sepanjang jalur yang akan diterapkan Sistem Satu Arah. 


"Kami menghimbau kepada masyarakat Kab. Semarang khususnya warga ambarawa untuk tetap mematuhi rambu lalu lintas maupun arahan petugas dilapangan, dan apabila Sistem Satu Arah telah berlangsung dapat membuat jalur utama Ambarawa menjadi lebih ramai, lebih tertib, sehingga perekonomian masyarakat juga meningkat," imbuhnya. 


Menanggapi rencana penerapan One Way secara permanen di Jensud Ambarawa, Bupati Semarang, Ngesti Nugraha, melalui Kadishub Kabupaten Semarang, Tri Martono menyampaikan bahwa pihak Pemkab. Semarang mendukung penuh dan siap bersinergi dengan Polres Semarang dalam penerapan Sistem Satu Arah di depan Pasar Projo Ambarawa.


" Kami mendukung penuh rencana penerapan One Way secara permanen di depan Pasar Projo Ambarawa," tuturnya. (*) 


Iklan