Iklan

Iklan

,

Iklan

 


 


 


Meriahnya Parade 102 Kendaraan Hias di Solo Meraih Rekor Dunia!

Redaksi
Kamis, 16 Mei 2024, 3:44:00 AM WIB Last Updated 2024-05-15T20:44:56Z



Laporan: Tedy M


SURAKARTA | HARIAN7.COM - Puncak peringatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo dirayakan dengan parade 102 kendaraan hias, membelah Jalan Slamet Riyadi hingga balaikota, Rabu (15/5/2024). 


Keriaan di tengah pekan itu, menyedot animo ribuan orang, dan dicatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia-Dunia (Muri).


Tak hanya parade kendaraan hias, turut dalam acara defile ibu-ibu PKK dari 38 provinsi, menampilkan budaya lokal. Catatan Ketua bidang parade HUT ke-44 Dekranas, Endang Budi Karya, jumlah peserta dari kader PKK diperkirakan mencapai 1.200 orang.


Lewat tengah hari, parade yang dimulai dari depan Stadion Sriwedari dilepas langsung oleh Ibu Negara sekaligus Pembina Dekranas, Iriana Joko Widodo. Kemudian, rombongan ibu negara dan istri wapres menaiki mobil berhias tokoh Rajamala, menuju panggung kehormatan di depan Halte Ngarsopuro.


Warga yang menonton, mengular di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Sesekali, mereka melambai ke parade mobil hias yang lewat. Dalam antusiasme tersebut, Anya, bocah yang hampir berusia empat tahun, bersama Eyang Putri dari Mojosongo, khusus datang untuk melihat defile dan parade mobil hias.


Panggung kehormatan dihiasi dengan seremoni penyerahan sertifikat pengakuan rekor parade kendaraan hias terbanyak oleh pemrakarsa Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) Jaya Suprana. Menurutnya, kegiatan ini sangat unik karena memadukan budaya dari seluruh Indonesia, dengan tarian dan banyak ornamen, layak dicatat sebagai rekor dunia.


Warga Solo, seperti Aqila dan Avril, menikmati momen tersebut dengan meriah. Meski parade diselenggarakan di tengah pekan, antusiasme warga seperti Dian dari Jebres pun tidak surut, menyambut kembalinya acara semacam ini setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.(*)

Iklan