Iklan

Iklan

,

Iklan

Keluarga Besar PMI Kabupaten Cilacap Gelar Silaturahmi Bertajuk Membangun Kebersamaan Untuk Kemanusiaan

Rabu, 24 April 2024, 21:01 WIB Last Updated 2024-04-24T14:01:32Z

Pewarta : Rusmono|Kaperwil Jateng


CILACAP, Harian7.com
-  Keluarga Besar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cilacap gelar silaturahmi dan halal bi halal yang bertajuk membangun kebersamaan untuk kemanusiaan.


Acara yang diselenggarakan Rabu, (24/04/2024) dari jam 09.00-12.00 WIB di halaman Gedung Klinik Pratama Rawat Inap PMI Kabupaten Cilacap Jalan Raya Slarang KM 12 Sitopong Slarang Kesugihan Cilacap dalam rangka bulan Syawal 1445 H/2004 M dengan tujuan mempererat tali silaturahmi di antara keluarga besar PMI Kabupaten Cilacap dengan Pemkab. Cilacap serta mitra kerja PMI lainnya.


Acara dihadiri Pj. Bupati Cilacap, Awaluddin Muuri yang diwakilo Kabag Kesra Setda Cilacap, Drs. Muhammad Najib, M. Si, Kepala OPD dilingkup Pemkab Cilacap seperti Dinkes, Dinsos, BPBD, BUMN, BUMD, Perbankan, Rumah Sakit/Klinik, dan sektor swasta.


oleh para tamu undangan, antara lain : Pj Bupati Cilacap diwakili Kabag Kesra Setda Cilacap Drs. Muhammad Najib, M. Si., Kepala OPD di lingkungan Pemkab. Cilacap (Dinkes, Dinsos, BPBD, Dinas P dan K, dll), BASARNAS Cilacap, FORKOPIMCAM Kesugihan, Mitra Usaha PMI dari BUMN, BUMD, Perbankan, Rumah Sakit / Klinik, Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Cilacap, Pengurus PMI Kabupaten Cilacap, Kepala Unit Donor Darah (UDD), Direktur Klinik Pratama Rawat Inap PMI, Pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Cilacap, Kepala Desa Slarang, Ketua RW 06 dan Ketua RT di lingkungan Klinik PRI PMI, Relawan PMI Kabupaten Cilacap (KSR) Unit Markas, TSR Unit Markas, KSR Unit Perguruan Tinggi (Politeknik Negeri Cilacap, Universitas Al Irsyad Cilacap dan STT Migas Cilacap), TSR (Perwakilan Pembina PMR Tingkat Mula, Madya dan Wira di wilayah Eks-Kotip dan Kecamatan Kesugihan), Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat/SIBAT Desa Karangbenda Kecamatan Adipala, Kelurahan Cilacap dan Kelurahan Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan serta Relawan Mitra PMI (TAGANA, BAGANA, MDMC, SENKOM, Cilacap Rescue (CR), RAPI dan BAZNAS Cilacap).


Ketua PMI Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Ma'ruf, S.T, M.M di awal sambutannya menyampaikan Selamat Idul Fitri 1445 H/2024 M, Taqoballahu Mina Wa Minkum Taqobal Yaa Kariim, Minal 'Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin. 


"Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran PMI baik Pengurus Kabupaten dan Pengurus Kecamatan, Karyawan/i dan Relawan yang telah berhasil dan teruji menjaga netralitas PMI dalam perhelatan Pemilu Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif beberapa waktu lalu," katanya. 


Selain itu, lanjut Farid di Kabupaten Cilacap juga akan segera dilaksanakan Pemilukada, dan diharapkan agar seluruh jajaran PMI Kabupaten Cilacap secara kelembagaan selalu bersikap netral, tidak memihak dan menjunjung tinggi 7 prinsip dasar Gerakan Palang Merah serta Bulan Sabit Merah Internasional.


"Ditahun 2024 ini, kami juga sudah melakukan kegiatan kegiatan seperti upaya penanggulangan bencana yang bersinergi dengan Pemkab Cilacap, bakti sosial operasi katarak gratis dalam rangka Peringatan Hari Jadi Ke-168 Kabupaten Cilacap, dan berhasil mengoperasi 91 mata," ungkapnya. 


Ia juga menjelaskan, bahwa ada beberapa kegiatan yang akan kami dilakukan di tahun ini seperti Bimbingan Teknis Tanggap Darurat Bencana (Bintek TDP) dengan peserta para Kadus dari 284 desa/kelurahan se-Kabupaten Cilacap, bakti sosial khitanan massal, bakti sosial pemberian kacamata gratis bagi siswa-siswi SD/MI se-Kecamatan Jeruklegi, sebagai penghargaan karena tahun lalu Kecamatan Jeruklegi tercepat dalam pelunasan Bulan Dana PMI. 



Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan santunan kematian dari PMI Provinsi Jawa Tengah ke eks staf Klinik PRI PMI a.n. Almarhum Sudarmanto kepada ahli warisnya, Septi Nugraheni. Selain itu juga dilakukan penyerahan bingkisan paket sembako sejumlah 25 buah kepada para pasien BPJS warga sekitar Klinik PRI PMI Kabupaten Cilacap. 


Acara dilanjutkan dengan tauziah/siraman rohani sekaligus pembacaan do'a oleh Mubaligh Ustadz Mintaraga Eman Surya, L.C., M.A. mengambil tema 'Membangun Kebersamaan Untuk Kemanusiaan'. 


Selain kesholehan individu hidup kita hendaknya melaksanakan juga kesholehan sosial, karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. 


Di penghujung acara dilakukan sesi jabat tangan seluruh tamu undangan yang hadir sebagai tanda meleburnya salah dan khilaf kembali fitri seperti bayi yang baru dilahirkan. Acara diakhiri dengan ramah tamah di Ruang Aula Klinik PRI PMI lantai 2. (*) 

Iklan