Iklan

Iklan

,

Iklan

Harmoni di Balik Jeruji, Program 'Sapa Pagi' Menguatkan Toleransi dan Kebersamaan di Rutan Salatiga

Redaksi
Rabu, 27 Maret 2024, 12:32 WIB Last Updated 2024-03-27T05:32:02Z


Laporan: Muhamad Nuraeni


SALATIGA | HARIAN7.COM - Rutan Salatiga menggelar sarasehan bertajuk program 'Sapa Pagi' yang dihadiri oleh seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Rabu (27/03/2024). Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Kepala Rutan Salatiga, Redy Agian, yang memberikan petuah dan pesan penting kepada seluruh WBP.


Dalam sambutannya, Redy Agian mengajak seluruh WBP untuk melupakan kejadian masa lalu dan menjadikannya sebagai pembelajaran. Ia juga menekankan pentingnya introspeksi diri, memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, dan meningkatkan ibadah serta mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, terutama di bulan Ramadan ini.


"Selain sebagai sarana komunikasi dan memperkuat kebersamaan antara sesama WBP dan petugas, program 'Sapa Pagi' juga bertujuan untuk membuka pikiran yang positif,"katanya.


Redy menegaskan agar para WBP tidak hanya fokus pada masalah yang dihadapi, tetapi juga mengisi waktu dengan kegiatan yang positif, seperti mengikuti program pembinaan dan memanfaatkan fasilitas yang ada, seperti perpustakaan, untuk menambah wawasan pengetahuan.


"Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk memperkuat toleransi, wadah sambung rasa, dan memberikan sosialisasi serta penyemangat kepada WBP, terutama di bulan Ramadan,"tuturnya.


Redy Agian, didampingi oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan Ruwiyanto, berharap agar para WBP, ketika bebas nanti, dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat.


Program 'Sapa Pagi' di Rutan Salatiga tidak hanya menjadi sarana untuk memperkuat komunikasi dan kebersamaan, tetapi juga menjadi contoh nyata tentang pentingnya toleransi dan pembinaan positif di dalam lingkungan yang terbatas seperti rutan.(*)

Iklan