Iklan

Iklan

,

Iklan

Semarak Pesta Siaga Semarang 2021 Digelar Secara Virtual, Kak Eko: 'Ajang ini akan mampu menumbuhkan jiwa semanggat'

Redaksi
Senin, 24 Mei 2021, 16:22 WIB Last Updated 2021-05-24T09:22:39Z
Istimewa.


Laporan: Bang Nur


UNGARAN,harian7.com - Sebanyak 300 anggota pramuka kelompok sekolah dasar dan sederajat mengikuti Pesta Siaga Semarang 2021, yang diselenggarakan secara online atau daring. Pada kesempatan ini, para peserta dilatih pembinaan mental dan fisik.


Adapun kegiatan yang digelar oleh  Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Semarang, dibuka secara daring  oleh ketua Kwartir Cabang Sukaton Purtomo di ruang multi media PP PAUDNI dan Dikmas Jateng di Ungaran, Senin (24/5/2021) pagi.


"Karena masih masa pandemi Covid-19, pesta siaga dilaksanakan secara daring. Para peserta yang berasal dari kwartir cabang atau kecamatan memanfaatkan media zoom meeting, google form maupun kanal You tube untuk memamerkan ketrampilan dan keahliannya," kata Ketua panitia pelaksana pesta siaga, Neni Trihadi Kusumawardani saat membuka acara.


Disampaikanya, dalam kegiatan ini para peserta memperagakan atau mempraktikkan materi lomba lewat media internet dari markas kwaran, gugus depan ataupun dari rumah.


Sementara itu, Neni menambahkan Bentuk kegiatan yang dilombakan memuat aspek spiritual, emosional, intelektual dan kemampuan fisik. 


"Untuk peserta yang mengikuti kegiatan ini, berasal dari perwakilan 18 kwartir ranting se Kabupaten Semarang. Masing-masing kwaran mengirimkan satu barung putra dan putri berjumlah 16 orang. Melalui Pesta Siaga ini,"terangnya.


Neni berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan ini kedepan  dapat dibentuk generasi muda yang bermental baik dan memiliki kemampuan fisik serta intelektual yang memadai.

 

"Pembinaan karakter generasi muda tetap harus dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan,"harapnya.


Ditambahkan oleh Neni, kegiatan pesta siaga bertema “Sehat, Cerdas, Kreatif, Responsif, akan berlangsung 24-29 Mei. “Empat barung tergiat akan mewakili Kabupaten Semarang mengikuti kegiatan yang sama tingkat Jawa Tengah pada pertengahan Juni mendatang,” pungkasnya.


Masih dalam kesempatan yang sama, Kamabigus Kak Eko Lesmono mengatakan, pelaksanaan pesta siaga akan berlangsung 6 hari kedepan.


"Mulai hari ini sampai dengan tanggal 29 Mei mendatang akan dilangsungkan  acara Virtual, harapannya nanti anak-anaknya juga bisa menjadi teladan bagi anak-anak yang lain yang ada  di lingkunggannya salah satu juga dalam rangka pencegahan penularam covid 19" tuturnya. 


Kak Eko berharap dengan ajang ini akan mampu menumbuhkan jiwa semanggat adik adik pramuka untuk melakukan 5 M. 


"Kakak berharap adik adik pramuka ini jadi agen perubahan salah 1  sasaran dalam pencegahan covid 19 minimal untuk teman satu sekolahnya" ungkap Eko Lesmono.


Inez Rahmawati salah seorang peserta Pesta siaga mengaku senang bisa mengikuti kegiatan meki dengan cara virtual kali ini.(*)

Iklan