• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Cegah Pemberitaan Tidak Berimbang Fitnah dan Hoax, Kodim 0715/Kendal Gelar Coffe Morning

    Admin: Shodiq
    Jumat, 19 Februari 2021, 3:49:00 PM WIB Last Updated 2021-02-19T09:26:39Z
    Dandim 0715/Kendal Letkol inf. Iman Widhiarto ST didampingi Kasdim Mayor Inf. Sukamto saat memberikan arahan kepada  wartawan, Jum'at (19/2/2021). |Foto : A Khozin /harian7.com 


    Laporan : A Khozin| Kontributor Kendal

    Editor      : Shodiq

    KENDAL, harian7.com -  Kodim 0715/Kendal menggelar cofee morning yang dikemas dalam "Ngopi Bareng Dandim 0715/Kendal Dengan Wartawan", yang digelar di Aula Makodim 0715/Kendal, Jumat  (19/2/2021) pagi.


    Kegiatan yang digelar secara sederhana tersebut dihadiri puluhan wartawan yang bekerja di wilayah Kendal, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


    Dandim Kendal, Letkol Inf Iman Widhiarto dalam dalam sambutannya mengatakan, sinergitas TNI dengan Media harus selalu terjaga. 


    "Ini dalam rangka menangkal isu-isu atau berita-berita yang bisa memecah belah bangsa. Jadi kita semua harus bisa saling mengingatkan dan kompak dalam memberikan informasi," tandas Dandim.


    Dandim juga menambahkan, seiring dengan kemajuan era digital, link sebuah pemberitaan sangat mudah disebarluaskan. Opini yang belum tentu kebenarannya dan dengan cepat disebarkan, dapat memecah belah anak bangsa.


    “Wartawan harus waspada menghadapi isu sekitar, terutama di wilayahnya agar tidak terjadi opini yang bisa menimbulkan kepentingan yang kontradiktif di masyarakat,” ujarnya.


    "Hindari Pemberitaan tak berimbang, Fitnah dan Hoax, Karena itu akan membahayakan ketentraman masyarakat," pungkas Dandim.


    Sementara itu, Kasdim 0715/Kendal, Mayor Inf Sukamto mengatakan, ada beberapa poin penting fungsi wartawan, diantaranya sebagai pemberi informasi, pendidik dan sebagai fungsi silaturahmi.


    “Seperti yang disampaikan bapak Dandim, jadi wartawan selain menyampaikan informasi dan pendidikan kepada masyarakat, wartawan juga bisa menyatukan apa yang terpisah dan mendatangkan yang jauh,” ungkapnya.

    Dandim 0715/Kendal foto bersama wartawan seuasai kegiatan Coffe Morning


    Salah satu wartawan, Unggul Priambodo meminta kepada rekan-rekan untuk menanggalkan baju organisasinya dan hanya memakai media dari wartawannya saja.


    Selain itu, menurutnya, selama ini wartawan-wartawan di Kendal sudah mempunyai group masing-masing organisasinya.


    "Mulai saat ini, kita tanggalkan baju organisasi kita dan kita bersatu sebagai wartawan Kendal. Kita memakai medianya masing-masing saja, tanpa mengaku dari organisasi mana," kata Unggul.


    Senada diungkapkan Ketua PWO Kendal, H.A. Khozin, menurutnya kekompan wartawan Kendal sangat diperlukan, dalam rangka menjalin kemitraan dengan sesama wartawan.


    Terkait group, dirinya meminta kepada pihak Kodim untuk merombak admin group dengan hanya dikelola oleh pihak Kodim saja.


    "Kami mohon  untuk admin agar dikelola oleh Kodim saja, tanpa ada admin dari kalangan wartawan. Hal ini untuk menjaga agar tidak terjadi konflik di internal teman-teman wartawan Kendal;" harapnya (*).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +