• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Terkait Aplikasi Sirekap, Begini Tanggapan Koordinator Divisi Tekhnis KPU Selayar

    Abdurrochman
    Sabtu, 19 Desember 2020, 11:59:00 AM WIB Last Updated 2020-12-19T04:59:44Z


    SELAYAR, Harian7.com
    - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Selayar memastikan pemanfaatan aplikasi Sirekap web pada tahapan dan proses penghitungan suara (tungsura) hasil pilkada serentak, berjalan normal dan berhasil dengan menunjukkan capaian hasil pemungutan serta perhitungan suara yang cukup memuaskan.


    Aplikasi ini bahkan terbukti mampu menjangkau sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan Selayar. Meski demikian, secara  kelembagaan KPU mengaku belum bisa mengumumkan dan merealease secara resmi perolehan hasil.


    "Perolehan hasil akan kami umumkan secara resmi setelah mendapat penetapan melalui rangkaian rapat pleno rekapitulasi tingkat  kabupaten,” kata Koordinator Divisi Tekhnis KPU, Andi Dewantara.


    Meski belum diumumkan secara kelembagaan, menurutnya akan tetapi, masyarakat tetap dapat mengakses informasi hasil rekapitulasi dan perhitungan suara, lengkap bersama lampiran formulir C melalui halaman website KPU, info pemilu.


    "Di halaman tersebut, masyarakat sudah bisa mengakses dan menyaksikan hasil final rekapitulasi dan perhitungan suara dari keseluruhan lokasi TPS di sebelas wilayah kecamatan daratan dan kepulauan,” jelasnya.


    Lebih lanjut Andi Dewantara menyampaikan rasa syukur, karena di tengah keterbatasan layanan jasa internet service provider (ISP) yang hanya disediakan oleh PT. Telkomsel, Indosat, dan XL. Namun satu keistimewaan tersendiri, sebab Selayar, ternyata berhasil bertengger pada posisi yang lumayan baik dan melampaui beberapa kabupaten kota lain di Sulsel dengan dukungan kepemilikan layanan ISP yang jauh lebih memadai dibandingkan dengan Selayar.


    “Sementara, Makassar, Maros, dan Pangkep berada  jauh di bawah posisi KPU Kabupaten Kepulauan Selayar,” tandas Dewantara.


    Dia mengaku, sebuah capaian tersebut tak lepas dari peran dan kerja-kerja solid tim tekhnis yang dimotori Andi Ruslan, Mahyudin, dan kawan-kawan dengan dukungan optimalisasi kerja teman-teman penyelenggara, sekaligus 'pejuang' pilkada di level kecamatan.


    “Alhamdulillah, karena target untuk mensukseskan penerapan aplikasi Sirekap web sebagai langkah terobosan baru dalam mendukung proses transparansi untuk menghadirkan kemudahan pada proses tungsura pilkada serentak tahun 2020,” ungkapnya.


    Saya kira, lanjut Dewantara proses ini sudah berhasil kita lewati dengan baik dan sukses di tengah keterbatasan penyedia layanan jasa internet service provider (ISP). Meski target untuk bisa melewati sebelas KPU Kabupaten kota lain di Sulawesi-Selatan, belum bisa 'dipecahkan' KPU Selayar.


    “Akan tetapi, ada satu bentuk kesyukuran tersendiri, karena dengan keterbatasan yang  membelenggu kita, Selayar mampu bertengger pada urutan yang lumayan tinggi dengan melampaui beberapa kabupaten kota lain di Sulsel," katanya.


    Sungguhpun demikian, Andi Dewantara berharap agar kedepan, KPU RI dapat melakukan upgrade dan membagi server Sirekap web dalam tiga puluh tiga jalur Provinsi agar masing-masing Provinsi dimungkinkan untuk mengakses serta menggunakan jalur tersendiri.


    “Saran dan masukan ini sebagai bentuk evaluasi dan tawaran solusi untuk lebih mengefektifkan penerapan Sirekap web, setelah melewati uji coba kali pertama pada penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2020,” jelasnya.


    Pasalnya, penerapan Sirekap web terkadang masih mengharuskan KPU  untuk bersabar menunggu antrian panjang dalam memberikan akses layanan kepada pengguna aplikasi sirekap web lainnya.


    Saran dan masukan lain dititipkan kepada pemerintah agar agar dapat lebih mengoptimalkan perjuagannya dalam rangka menghadirkan jaringan four G atau layanan 4G di setiap wilayah desa dan dusun terpencil di Kabupaten Kepulauan Selayar, sehingga dengan demikian, agregasi operator LTE yang menggunakan tekhnologi carrier aggregation (CA) diharapkan akan dapat lebih meningkatkan dan mengaktifkan bandwidth transmisi.


    “Persoalan ini mutlak, membutuhkan peran dan tanggung jawab pemerintah, terutama dalam rangka untuk lebih mengefektifkan ketepatan waktu publikasi hasil pemungutan serta penghitungan suara pada rangkaian pemilu-pemilu berikutnya dan sekaligus mewujudkan harapan besar Selayar sebagai Kabupaten unit pengguna Sirekap web tersukses dan tercepat di pilkada-pilkada mendatang,” pungkasnya kepada awak media, Senin (14/12/2020) malam. (Andi Fadly Dg. Biritta)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini