Iklan

Adv

Kembangkan Ekonomi Desa, Perangkat Desa se Kabupaten Semarang Dirikan Koperasi PPDI Mukti

Senin, 28 September 2020, 7:03:00 PM WIB Last Updated 2020-09-28T12:07:49Z
Para pengurus saat menggelar Konsolidasi dan Sosialiasi Koperasi PPDI Mukti.(Foto: Bang Nur/harian7.com)


Laporan: Bang Nur


UNGARAN,harian7.com - Puluhan perangkat desa  mengikuti Konsolidasi dan Sosialisasi Koperasi PPDI Mukti DPN Kabupaten Semarang, yang digelar di aula Kantor Desa Karangduren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang, Senin (28/9/2020) siang. Konsolidasi dan Sosialisasi pengurus tersebut sebelunya sudah dilaksanakan disetiap kecamatan dan ini yang terakhir atau yang ke-17.


Hadir dalam acara tersebut, Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Semarang Siswanto, Plt Camat Tengaran Dewanto, Sekretaris Koperasi PPDI Mukti Aziz Sulton Abidin, Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Semarang dan perangkat desa lainya.

Sekretaris Koperasi PPDI Mukti Aziz Sulton Abidin saat ditemui wartawan.(Foto: Bang Nur)


Sekretaris Koperasi PPDI Mukti Aziz Sulton Abidin saat ditemui harian7.com disela acara mengatakan, tujuan berdirinya Koperasi PPDI Mukti adalah peningkatan kesejahteraan perangkat desa melalui berbagai kegiatan usaha di koperasi yang dijalankan. 


"Harapan kami dengan adanya koperasi ini, kedepan seluruh perangkat desa di Kabupaten Semarang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kegiatan usaha yang yang berada di bawah payung Koperasi Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Mukti, yang telah terbentuk dan berbadan hukum,"terang Aziz.


Dijelaskan Aziz, nantinya usaha yang dilakukan bisa dalam bentuk apa saja, termasuk membentuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) baru atau mengembangkan UMKM yang sudah ada.


"Kegiatan usaha melalui koperasi tersebut dilaksanakan di sela-sela tugas mereka sebagai perangkat desa. Di desa banyak kegiatan usaha yang bisa dikembangkan dan berpotensi memiliki nilai keuntungan tinggi. Termasuk pendirian UMKM baru atau pengembangan UMKM yang sudah ada,"tutur Aziz.


Ditambahkan Aziz, dari keuntungan usaha itu akan menambah penghasilan perangkat desa dan dari hasil usaha pengembangan Koperasi PPDI Mukti, juga memberikan keuntungan tambahan. 


”Ini salah satu harapan kesejahteraan perangkat dari berdirinya Koperasi PPDI Mukti,” jelasnya.


Disampaikan Azis, didirikannya koperasi ini salah satunya juga menindak lanjuti mandat Rakerda PPDI Kabupaten Semarang pada Sabtu - Minggu 14 - 15 Desember 2019 tahun lalu dan telah dilakukan rapat pengurus pada bulan Juni 2020.


Masih ditempat yang sama, Plt Camat Tengaran Dewanto saat ditemui harian7.com Dewanto, dengan adanya ini tentunya ada sisi kepentingan yang diperjuangkan organisasi dalam hal ini untuk kepentingan perangkat. Seperti kemarin ada wacana bahwa ADD akan dipangkas, tapi dengan adanya perjuangan organisasi alhamdulillah bisa diperjuangkan dan kembali lagi ADD nya.


"Nantinya akan ada Koperasi Mukti ini adalah wujud dari perangkat, dari perangkat dan untuk kesejahteraan perangkat,"katanya.


Dewanto menyampaikan, ia sangat mendukung adanya Koperasi PPDI Mukti, karena bisa memajukan desa. Namun Dewanto  mengingatkan bahwa yang terpenting dalam koperasi tersebut kegiatannya jelas, dapat dipertanggunjawabkan, dan memberikan manfaat bagi masyarakat.


Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) Kabupaten Semarang Samsul Ridwan menambahkan,"Koperasi PPDI Mukti memiliki potensi berkembang di setiap desa. Terlebih keanggotaannya melibatkan perangkat desa, yang notabene tahu betul dengan wilayah desa,"turturnya.(*)

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini