Iklan

Adv

Kwarnas Gerakan Pramuka Berikan Lencana Melati Wali Kota Magelang

Rabu, 26 Agustus 2020, 7:56:00 AM WIB Last Updated 2020-08-26T00:56:29Z
Wali Kota Magelang  Sigit Widyonindito saat menerima lencena melati.


Laporan: Adi Prasetyo | Kabiro Kedu
Sumber: Humas

MAGELANG,harian7.com – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka memberikan tanda penghargaan Lencana Melati kepada Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kota Magelang.

Sigit merupakan salah satu dari 35 kepala daerah dan tokoh di Indonesia yang menerima lencana tersebut dari Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Secara simbolis, lencana disematkan Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo disaksikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beserta jajarannya, dalam kegiatan peringatan Hari Pramuka ke-59 tingkat Kwarda Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang, Selasa (25/8/2020).

Lencana Melati merupakan tanda penghargaan dalam gerakan Pramuka kepada seorang yang berjasa besar bagi pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di daerah masing-masing.

“Penghargaan ini kehormatan bagi kita, untuk memberikan motivasi yang lebih baik lagi bagi anak-anak didik di Kota Magelang. Kita sudah rumuskan, melalui beragam program agar anak-anak didik belajar mandiri, terlatih kecerdasan, keterampilan, menuju generasi yang baik,” ungkap Sigit, ditemui usai kegiatan.

Sigit mendukung penuh instruksi Ganjar untuk mendorong pramuka menjadi pelopor gerakan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Menurutnya, saat ini memang sangat relevan karena dunia, khususnya Kota Magelang, tengah berjuang melawan virus ini.

“Fokus kita saat ini memang pada penanganan Covid-19. Teman-teman di tingkat Kwarcab diharapkan bisa menerjemahkannya. Keterwakilan anak-anak dari berbagai sekolah bisa memotivasi teman-temannya untuk berperan aktif mengedukasi pencegahan Covid-19 ini,” imbuh Sigit.

Ia juga meminta masyarakat untuk patuh pada anjuran protokol kesehatan agar pandemi segera berakhir. Pandemi menyebabkan sebagian besar sektor terpukul, tidak terkecuali kegiatan Pramuka di sekolah-sekolah di Kota Magelang.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, Pramuka mempunyai kekuatan untuk bisa menggerakkan masyarakat dalam upaya penanganan Covid-19. Pramuka, selayaknya sebuah komunitas di desa dengan Jogo Tonggo, di pesantren dengan Jogo Santri, hingga di pasar dengan Jogo Pasar-nya.

“Ide cemerlang ini perlu menjadi inspirasi. Pramuka cukup mempunyai kekuatan untuk itu, punya energi besar. Melalui banyak kreativitas misalnya penanaman pohon, bikin pupuk kompos, budidaya ikan dan lainnya,” kata Ganjar.

Ganjar menyampaikan apresiasi kepada para penerima penghargaan Lencana Melati ini. Menerima penghargaan ini artinya mereka juga mengemban tugas moral untuk memajukan Pramuka.

Selain itu, lanjut Ganjar, mereka juga harus peduli pada kondisi dunia, khususnya di Indonesia, yang sedang mengalami pandemi. Pramuka diminta aktif, pramuka milenial harus bisa mengisi ruang-ruang virtual dengan narasi yang membanggakan.

“Pramuka adalah wahana melatih keterampilan, yang didasari pengetahuan. Melalui banyak kegiatan edukasi yang bermanfaat bagi banyak orang, sambil melatih menjaga diri dari Covid-19,” tutur Ganjar.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini