Iklan

Iklan

,

Iklan

Kodim Cilacap Gelar Kegiatan Binsiap Apwil dan Puan Ter TA. 2020

Senin, 08 Juni 2020, 16:42 WIB Last Updated 2020-06-08T09:54:50Z
Penulis: Rusmono - Kepala Biro Cilacap

Cilacap, Harian7.com - Kodim 0703Cilacap gelar kegiatan pembinaan kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial II TA 2020. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan Babinsa sebagai Aparat Kewilayahan.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap Senin (8/6/20) dihadiri Pasiwanwil Korem 071/Wijayakusuma Kapten Inf Safari, Pasiter Kodim Kapten Cba M. Isa Saefudin, Danramil sebagai pemberi materi dan diikuti Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap.

Kegiatan pembinaan kesiapan Apkowil dan Kemampuan Teritorial merupakan program TNI AD yang dilaksanakan Satuan Komando Kewilayahan guna membekali para prajurit yang menjabat sebagai Babinsa di wilayah agar mampu meningkatkan kemampuanya dalam melaksanakan pembinaan teritorial (Binter).

Dalam sambutannya, Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto yang disampaikan Kasdim, Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan Babinsa Jajaran Kodim 0703/Cilacap lebih meningkatkan kemampuan kerja baik manajemen teritorial maupun pembinaan wilayah.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai barometer bagi Aparat Kewilayahan mulai Danramil sampai dengan Babinsa guna menunjang tugas pokok Kodim 0703/Cilacap dengan tujuan sebagai bekal tugas pemberdayaan wilayah pertahanan darat melalui kegiatan metode Binter di lapangan sekaligus untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas kerja.

"Seorang Babinsa harus bisa menguasai geografi, demografi, serta kondisi sosial di wilayah tugasnya dan semua itu muaranya adalah terwujudnya kemanungg!alan antara TNI dan Rakyat," tegas Kasdim.

Untuk itu, lanjutnya apa yang menjadi esensi dari kegiatan ini tidak terlepas dari tujuan Binter yaitu terwujudnya ruang, alat, kondisi (RAK) juang yang tangguh, mampu mewujudkan alat juang yang tangguh, dan terciptanya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Diakhir sambutannya, Kasdim berharap agar kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesiapan, kemampuan Babinsa dalam pemberdayaan wilayah.

"Jadikan pemberdayaan wilayah sebagai skala prioritas guna wujud nyata pelaksanaan tugas pokok di lapangan dengan menjadikan Babinsa yang kreatif dan inspiratif, sehingga akan tercapai tujuan pembinaan teritorial di wilayah Kodim 0703/Cilacap," pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan materi Ter yang disampaikan Danramil 09/Kawunganten Kapten Cpm Teguh Budiono, Metode Binter oleh Danramil 10/Gandrungmagu Kapten Inf. Marjono, dan materi Lima Kemampuan Ter yang disampaikan oleh Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf. Tasino kepada para Babinsa.(*)

Iklan