Iklan

Adv

Meski Sudah di Era Moderenisasi, Keberadaan Siskamling di Klaten Tetap Exis

Kamis, 26 Desember 2019, 12/26/2019 09:12:00 PM WIB Last Updated 2019-12-26T14:15:06Z

Klaten,harian7.com - Keberadaan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Kabupaten Klaten tetap exis dan tidak meredup, meski saat ini sudah era modernisasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Bagi warga Klaten Siskamling tidak hanya sekedar menjaga lingkungan agar tetap aman, namun juga di manfaatkan sebagai ajang saling silaturahmi serta tradisi jimpitan masih melekat.

Meskipun nilai pendapatan tidak seberapa, namun jika dikumpulkan menjadi banyak, dan nantinya bisa di gunakan untuk modal pembangunan di lingkungan tersebut.


Seperti dilakukan masyakat di Dukuh  Kerun Baru RT 3 RW 13 Belangwetan, Klaten Utara. Saat waktu menjelang malam, warga yang piket/ronda berkeliling wilayah kampong dan menyambangi botol-botol kecil yang sudah diisi uang receh.

Memang sih, untuk nominal uang jimpitan hanya uang pecahan Rp 500 atau Rp 1000 rupiah. Tapi jika terkumpul tentulah bisa untuk kebutuhan di kampungnya.

 “Di dusun kami ini sudah hampir dua tahun berjalan jimpitan uang.  Setiap malam warga melalui kesepakatan bersama, minimal menyetor uang Rp 500,00 sebagai jimpitan.  Oleh petugas ronda secara bergilir akan mengambilkan uang jimpitan itu sambil berkeliling kampong,” kata Ragil (48) warga setempat saat diwawancara Kamis (26/12/19).

Ragil menambahkan, “ari hasil jimpitan tersebut, setiap malamnya terkumpul antara Rp17.000 sampai Rp25.000. Dan nantinya uang yang sudah terkumpul bisa digunakan untuk menambah biaya kegiatan dukuh dan pembangunan, seperti pembangunan talud, pavingsasi dan pengecoran jalan dari dana desa, bahkan pembelian televisi di gardu Siskamling,”tambahnya.

Sementara, menanggapi hal tersebut, mendapat respon serta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Klaten. Hal tersebut terlihat , pada Selasa (24/12/2019) lalu, Bupati Klaten Sri Mulyani bersama Kapolres  AKBP Eko Wiyono Komandan Kodim 0723/ Klaten Letkol Minarso, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar, Ismoyo dan perwakilan dari Bank Jateng, menyemangati warga yang bertugas ronda,serta menyerahkan alat bantuan keamanan seperti rompi, senter, pentungan karet dan lampu pengatur jalan sebagai sarana kerja.

“Siskamling ini wajib dilestarikan sebagai simbol warga Klaten peduli lingkungan. Selain terjaga kerukunan dan menghimpun dana pembangunan, yang terpenting lingkungan kita selalu aman dan terhindar dari konflik horizontal,” tutur Bupati Sri Mulyani saat di hadapan ratusan petugas Hansip di Klaten.(Taufik/Rls Hms)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini