Iklan

Adv

Polres Cilacap Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2019

Jumat, 30 Agustus 2019, 8/30/2019 01:48:00 AM WIB Last Updated 2019-08-29T18:48:45Z
Cilacap,harian7.com - Kepolisian Resor Cilacap melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Candi 2019 di Mapolres Cilacap Kamis (29/8/2019). 

Kegiatan apel diikuit oleh anggota TNI, Polri, Dsihubkominfo,  Sat Pol PP Kabupaten Cilacap, Satpam, Senkom Mitra Polri, Ormas Kokam serta anggota Pramuka.

Apel dihadiri juga oleh Forkopimda Kabupaten Cilacap,  kepala dinas instansi dilingkungan Pemkab Cilacap,kepala BUMN dan BUMD serta pimpinan perusahaan di kabupaten Cilacap.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto yang diwakilkan oleh Waka Polres Cilacap Kompol Hari Sutanto selaku pimpinan apel saat membacakan amanah Kapolda jawa tengah mengatakan bahwa dalam rangka  meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan lalu lintas, Polda Jawa Tengah beserta jajaran menggelar “Operasi Kepolisian kewilayahan Patuh Candi 2019” selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 29 agustus s/d 11 september 2019. 

Lebih lanjut dijelaskan bahwa prioritas penindakan dan pelanggaran operasi patuh tahun 2019 adalah antara lain  pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi kendaran roda 4 yang tidak menggunakan safety belt, pengemudi yang melebihi batas maksimal kecepatan, pengemudi ranmor yang melawan arus, mabuk pada saat mengemudikan ranmor,  pengendara ranmor yang masih di bawah umur, menggunakan hp pada saat mengemudikan ranmor serta kendaraan bermotor yang menggunakan lampu strobo/rotator/sirine.

Pada operasi patuh tahun 2019 ini  dengan mengedepankan tindakan penegakan hukum lantas sebesar 60% serta giat preventif sebesar 40% dengan tema operasi kali ini  adalah “Polri Siap Meningkatkan Kesadaran Dan Kepatuhan Masyarakat Dalam Berlalu Lintas Sebagai Implementasi Kebijakan Promoter Kapolri Di Bidang Kamseltibcar Lantas” tambah Kompol Hari Sutanto.

Dari data yang terhimpun di sat lantas Polres Cilacap bahwa data jumlah kecelakaan lalu lintas Operasi Patuh Candi 2018 wilayah hukum Polres Cilacap sebanyak 9 kejadian mengalami penurunan 1 kejadian atau 10% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 10 kejadian.

Selanjutnya korban meninggal dunia dan luka berat Operasi Patuh Candi tahun 2018  nihil, jumlah korban luka ringan operasi patuh tahun 2018 sebanyak 16 orang, mengalami penurunan   sebanyak    1    orang    atau   6% dibandingkan periode yang sama tahun 2017 sebanyak 17 orang.

jumlah pelanggaran lalu lintas operasi patuh tahun 2018 sejumlah 2.654 pelanggaran menurun     3 % dari tahun 2017, dengan jumlah tilang sebanyak 2.747 lembar.

Sementara itu Kasat Lantan Polres Cilacap AKP Ahmad Nur Ari terkait operasi patuh  candi 2019 memberikan himbauan kepada mayarakat agar senatiasa memperhatikan keselamatan dalam berlalu lintas dan anak kepada anak yang masih dibawah umur jangan diberikan kesempatan mengendaran kendaraan di jalan umum karena dalam hal psikologi dan kelayakan mereka untuk menjalankan kendaraan di jalan raya belum siap.(Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini