Iklan

Iklan

,

Iklan

Memperkokoh Ukhuwah Tema Silaturahmi & Halal Bi Halal Dinas P & K Cilacap

Kamis, 18 April 2024, 21:57 WIB Last Updated 2024-04-18T14:57:56Z

Pewarta : Rusmono|Kaperwil Jateng


CILACAP, Harian7com
- Keluarga besar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kabupaten Cilacap setiap pasca lebaran menggelar acara silaturahmi dan halal bi halal. Seperti pada lebaran tahun ini, keluarga besar Dinas P&K juga menggelar silaturahmi dan halal bi halal.


Silaturahmi dan halal bi halal yang diselenggarakan Kamis, (18/04/2024) di Gedung Dwija Loka Jalan Kalimantan dihadiri Pj. Bupati Cilacap, Awaludin Muuri, Asisten, OPD, Dewan Pendidikan dan ratusan perwakilan dari sekolah TK, SD, SMP dan SMA/SMK serta dari pendidikan kesetaraan seperti PKBM, LPK LPK.


Ditemui terpisah, Kepala Dinas P & K, Drs. Sadmoko Danardono mengatakan, bahwa hari ini kita mengadakan silaturahmi dan halal bi halal dengan tema memperkuat atau memperkokoh ukhuwah.


"Ukhuwah itu ada tiga yang pertama ukhuwah islamiyah yakni persaudaraan sesama umat islam, kedua ukhuwah wathaniyah atau ikatan persaudaraan dalam kontek persatuan dalam kesatuan NKRI dan ketiga ukhuwah basyariyah atau persaudaraan sesama umat," katanya, di kantornya Kamis, (18/04/2024) sore.


Ukhuwah basyariyah ini, lanjut Sadmoko merupakan silaturahmi kepada seluruh umat manusia baik laki laki, perempuan dan sesama agama baik Islam, Hindu, Budha, kristen, Konghucu dan lainnya. 



"Semua adalah saudara jadi kontek ini adalah bagaimana silaturahmi itu memperkokoh persatuan dan kesatuan kita, meskipun kita berbeda beda," tandasnya.


Ia menambahkan, bahwa itulah yang menjadi tema halal bi halal kita, agar Cilacap bersatu. Di Cilacap ada 23 semuanya harus bersatu. Beda agama, beda suku, adat istiadat, tradisi tapi kita adalah saudara sebangsa dan setanah air. Istilahnya senasib sepenanggungan untuk NKRI. 


"Kami berharap dengan silaturahmi ini semua pihak berkumpul, kita adalah saudara sesama umat beragama, antar umat beragama maupun saudara antar semua manusia dan juga saudara sebangsa dan setanah air," pungkasnya. (*) 

Iklan