Iklan

Iklan

,

Iklan

Rapat Pleno KPU Usai, Ini Daftar Nama 50 Caleg yang Lolos ke DPRD Kabupaten Semarang Periode 2024-2029 Versi Partai Nasdem

Admin: Shodiq
Jumat, 01 Maret 2024, 21:11 WIB Last Updated 2024-03-06T00:20:24Z


Sejumlah saksi- saksi peserta Pemilu 2024 saat menunggu penyerahan hasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Pemilu 2024.


KAB.SEMARANG|HARIAN7.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang telah selesai menggelar rapat pleno Rekapitulasi dan Penetapan Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Semarang.


Rapat pleno digelar pada 26 Februari hingga 1 Maret 2024 di Griya Persada Hotel dan Resort  Gintungan Utara , Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dengan dihadiri pihak-pihak terkait.


Mengacu dari hasil rapat pleno rekapitulasi suara, partai politik yang berpotensi meloloskan wakilnya ke DPRD Kabupaten Semarang periode 2024-2029 yakni, PDIP, PKB, Gerindra, Golkar, PKS, PPP, Nasdem, PAN, Golkar dan Demokrat.


Ketua KPU Kabupaten Semarang, Bambang Setyono, mengatakan bahwa hasil rekapitulasi suara, partai PDIP pada Pemilu 2024 ini memperoleh suara tertinggi. 


“Untuk sementara perolehan tertinggi dipegang oleh partai dari PDI-Perjuangan, perolehan suaranya saya belum memegang datanya,” kata Bambang


"Sore ini kita mengirimkan kotak atau berita acara hasil rekapitulasi ke tingkat provinsi,” ucap Bambang kepada awak media di sela sela menunggu penutupan rapat pleno, Jum'at(1/3/2024) sore. 


Saat ditanya data Caleg yang lolos ke DPRD Kabupaten Semarang. Bambang berdalih bahwa KPU Kabupaten Semarang tidak berani mengambil langkah. Ia khawatir ada perserta Pemilu yang menyengketakan hasil rapat pleno. 


" Untuk penetapan Caleg Kabupaten Semarang yang lolos, kami menunggu instruksi KPU RI melalui KPU Provinsi. Tentunya itu berhubungan nanti kalau ada gugatan atau sebagainya, " tuturnya dengan gamblang. 


Sementara itu, Partai Nasdem membuat simulasi siapa saja nama - nama yang lolos ke kursi DPRD.Partai Nasdem dalam membuat simulasi berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penetapan suara KPU tingkat Kabupaten Semarang pada Jum'at(1/3). 



"Iya Pak.Angka perolehannya bisa dikonfirmasi ke KPU mengenai kebenaran data itu Pak. Dari D-Hasil yg sudah diplenokan, sudah melalui pencermatan beserta koreksinya.Di Pleno Kab. Semarang," kata Abdul Aziz, selaku sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Semarang, kepada harian7.com melalui pesan whatsApp, Jum'at(1/3) malam. 



Dalam simulasi ini, Partai Nasdem menggunakan sistem yang sama dilakukan KPU yakni metode Sainte Lague. 


Berikut Caleg yang potensi bakal duduk di kursi DPRD Kabupaten Semarang periode 2024-2029 :


Daerah Pemilihan (Dapil) I (Kecamatan Ungaran Timur, Kecamatan Ungaran Barat, dan Kecamatan Bergas) 

DAPIL 2(Kecamatan Pringapus, Kecamatan Bawen, Kecamatan Tuntang, dan Kecamatan Banyubiru) :

Dapil 3 (Kecamatan Bringin, Kecamtan Pabelan, Kecamatan Bancak, dan Kecamatan Suruh):

Dapil 4( Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Susukan, Kecamatan Tengaran, dan Kecamatan Getasan) :

Dapil 5 ( Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Bandungan, Kecamatan Jambu, dan Kecamatan Sumowono): 



Iklan