Iklan

Iklan

,

Iklan

Kedes Sirau Sampaikan Klarifikasi Terhadap Berita Kontroversial Oleh Salah Satu Media Online, Begini Jelasnya

Redaksi
Selasa, 19 Maret 2024, 04:49 WIB Last Updated 2024-03-18T21:49:14Z
Dirun, Kades Sirau saat ditemui harian7.com.


PURBALINGGA | HARIAN7.COM - Kepala Desa Sirau, Kecamatan Karang Moncol, Kabupaten Purbalingga, Dirun, memberikan klarifikasi terkait pemberitaan yang muncul di salah satu media online dengan judul "Diduga Pembelian Sapi dan Kambing untuk Ketahanan Pangan Desa Sirau di Gelapkan."


Dirun menyampaikan hak jawabnya melalui email kepada media online tersebut pada hari Senin, 28 Maret 2024. Dijelaskannya bahwa berita tersebut perlu diklarifikasi agar masyarakat memahami dengan benar kondisi sebenarnya terkait kegiatan pembelian hewan untuk kebutuhan ketahanan pangan di Desa Sirau.


Saat ditemui harian7.com menanggapi pemberitaan media online tersebut, Kades menjelaskan bahwa anggaran untuk pembelian kambing sebagai bagian dari ketahanan pangan telah disiapkan, hanya saja belum tercatat secara resmi dalam aplikasi. 


Sedangkan untuk kegiatan lain seperti pembelian sapi dan budidaya ikan lele, semua telah melalui musyawarah desa (Musdes) dan telah memiliki Surat Pertanggungjawaban (SPJ). 


Kades menegaskan bahwa semua rencana tersebut akan terealisasi dengan baik. Surat Pertanggungjawaban Desa (SPJ) merupakan dokumen formal yang menjabarkan pertanggungjawaban atas kegiatan yang telah direncanakan dan disertai anggaran, sebagaimana tertera dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). 


"SPJ Desa mencakup berbagai aspek keuangan seperti buku kas umum, buku pembantu kas tunai dan Bank, buku kas pembantu pajak, buku kas pembantu kegiatan, serta register SPP pengeluaran dan lain-lain, yang semuanya diatur secara terperinci,"jelasnya membeberkan, Senin (18/3/2024).


Kades juga meminta maaf kepada seluruh elemen masyarakat desa Sirau, khususnya terkait adanya kesalahpahaman yang mungkin timbul akibat kurangnya komunikasi.


Ia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun desa Sirau agar bisa merata dalam pembangunan dan kemajuan yang lainnya.(*)

Iklan