• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    www.harian7.com

    Adv

    Pemkab Cilacap Luncurkan Aplikasi Viva Cilacap Untuk Daftar Vaksin Bagi Masyarakat

    Abdurrochman
    Jumat, 30 Juli 2021, 11:29:00 PM WIB Last Updated 2021-07-31T02:27:59Z

    Pewarta : Rusmono

    Editor.    : Abdurrochman


    CILACAP, Harian7.com
    - Guna memudahkan mendaftar vaksinasi bagi warga masyarakat Kabupaten Cilacap yang belum divaksin, Pemerintah Kabupaten Cilacap membuat terobosan baru dengan meluncurkan Aplikasi Vaksinasi Covid -19 bernama Viva Cilacap.

    Cara mendaftar melalui Viva Cilacap sangatlah mudah yakni dengan membuka link viva.cilacapkab.go.id di google chrom kamu, kemudian pendaftar diarahkan untuk mengisi data diri seperti nama, alamat, umur, dan lain-lain. Dalam aplikasi tersebut pendaftar juga akan tahu kapan jadwalnya, tempatnya di mana, tanggal berapa.


    Namun aplikasi ini mulai berlaku tanggal 01 Agustus 2021 pukul 07.00 WIB mendatang, dan aplikasi ini merupakan jawaban dari Pemkab Cilacap terhadap keluhan masyarakat yang kesulitan mendaftar untuk divaksin.


    Aplikasi vaksin ini bisa diakses dengan jaringan internet untuk mempermudah mencari fasilitas kesehatan di semua kecamatan yang menggelar vaksinasi tanpa antre.


    Selain itu, aplikasi ini diluncurkan sabagai upaya mempercepat capaian vaksinasi di Cilacap, yang ditarget hingga 1,5 juta sasaran.


    Aplikasi Viva Cilacap ini diluncurkan Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji di ruang Gadri, rumah Dinas Bupati Cilacap, Jumat (30/7/2021) dihadiri Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi, Kasat Binmas Polres Cilacap, AKP Siswanto, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Cilacap, Dian Purnama, Asisten ll, Dian Setya Budi, Kepala Dinas Kesehatan Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, Kepala Diskominfo Cilacap, M. Wijaya dan tamu undangan lainnya.


    Bupati mengatakan, adanya aplikasi ini bisa meniadakan kerumunan. Begitu masuk ke aplikasi, maka akan tahu kapan jadwalnya, tempatnya di mana, tanggal berapa, waktunya kapan, sudah ada.


    "Keberadaan aplikasi ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan nomor antrean pendaftaran vaksinasi tanpa harus berlama-lama mengantre di tempat pendaftaran," katanya.


    Artinya, lanjut Bupati dengan adanya aplikasi ini, diharapkan penumpukan antrean yang ada di loket pendaftaran dapat diatasi, sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih cepat dan efisien.


    Bupati mengajak seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Cilacap untuk sama-sama bekerja keras dalam menyukseskan program vaksinasi tersebut.


    "Kita harus melakukan edukasi kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang benar, bahwa vaksinasi akan menjadi salah satu jalan penting bagi kita agar pulih dan bangkit dari pandemi covid-19," kata Tatto.


    Dijelaskan bahwa sasaran vaksinasi di Kabupaten Cilacap sampai tahap ini sebanyak 1.532.617 orang, hingga minggu ke-26 yang sudah divaksin dosis 1 sebanyak 166.051 orang, dan dosis 2 sebanyak 104.906 orang.


    "Besar harapan saya, dengan adanya kemudahan pendaftaran vaksinasi Covid-19 akan meningkatkan antusiasme masyarakat Cilacap untuk mengikuti vaksinasi," ucap bupati.


    Pihaknya berkeyakinan bahwa dengan melakukan vaksinasi Covid-19 dan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat, jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Cilacap akan berangsur turun.


    Nama Viva Cilacap merupakan singkatan dari Covid-19 Vaccine for Cilacap. Viva juga bisa diartikan sebagai hidup, atau kependekan dari survival atau bertahan hidup.


    Aplikasi tersebut sudah bisa diakses di link htpps://viva.cilacapkab.go.id, kemudian mengisi data diri yang diminta. Jika sudah mengisi data, selanjutnya klik daftar. Setelah muncul data Viva ID, catat dan simpan Viva ID tersebut.


    Langkah selanjutnya, untuk mengecek jadwal vaksinasi, klik menu 'Pencarian Data', kemudian masukkan NIK dan Viva ID, lalu klik cari. Setelah itu akan muncul jadwal dan lokasi vaksinasi covid-19. Selanjutnya, calon penerima vaksin covid dapat mengunjungi lokasi faskes yang telah ditentukan. 

    Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap Pramesti Griana Dewi menyatakan, ada sekitar 101 fasilitas kesehatan (faskes) yang mampu memberikan vaksinasi, yaitu 13 rumah sakit, 38 puskesmas, dan 50 klinik di Cilacap.

    "Masing-masing faskes bisa melayani antara 100-200 vaksin per hari. Nanti admin Dinkes yang akan mengatur. Kalau ada peserta yang telah memilih salah satu faskes, nanti kita melihat jumlah yang memilih di faskes itu berapa, kemampuan nakes berapa. Kalau sudah melebihi kemampuan per hari, kita alihkan ke hari selanjutnya," pungkasnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NEWS FOTO

    +