Iklan

Iklan

,

Iklan

Masyarakat Mulai Meramaikan Alun-Alun Ambarawa

Redaksi
Minggu, 08 April 2018, 20:38 WIB Last Updated 2018-04-08T13:38:50Z
Komplek Alun-Alun Ambarawa di Tambakboyo, pada Minggu (8/4) sore.
UNGARAN, harian7.com – Sejak dibuka beberapa bulan lalu, Alun-Alun Ambarawa, di Tambakboyo, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang terus bergeliat dan mulai ramai untuk berbagai aktifitas masyarakat. Bahkan, semakin hari semakin banyak warga yang menjajakan usahanya, baik itu kuliner, kerajinan maupun permainan anak.  Mereka tidak hanya datang dari wilayah Ambarawa, namun banyak pula pedagang dari luar Ambarawa. Seperti Karangjati, Ungaran, maupun Salatiga.

            Keramaian kawasan Alun - Alun Ambarawa, rata-rata setiap sore mulai pukul 15.00 wib hingga malam sekitar pukul 20.000 wib. Namun, ada sebagian yang mulai menjajakan produknya mulai siang hari pukul 12.00 wib. Selain mulai dipenuhi pebisnis, tempat ini mulai banyak dijadikan arena olah raga masyarakat.

            Restiana (38) perempuan asal Bedono, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, salah satu pengunjung mengatakan, bahwa sejak ada alun - alun ini, dirinya dan keluarga baru pertama kali ini datang. Kedatangannya bersama suami dan dua anaknya ini sengaja untuk jalan-jalan. Melihat alun alun yang mulai ramai, guru salah satu SMA di Temanggung ini mempunyai prediksi akan semakin ramai dan berkembang. Sebelum ada alun alun ini, keramaian di Ambarawa terpusat di Lapangan Yonkav Ambarawa.

            “Saya melihat prospek alun - alun ini akan semakin ramai karena setiap hari juga semakin bertama warga yang menjajakan usahanya disini. Selain itu, hendaknya dinas terkait dapat mulai menata alun-alun ini. Pasalnya, yang mencolok para pedagang mulai memenuhi bahu jalan sehingga menjadikan pemandangan kurang bagus,” kata Restiana didampingi suaminya, Trisnanto Adi (42) kepada harian7.com, Minggu (8/4).

            Hal senada dikatakan Amir Kusdiono (45) warga Kupang, Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dengan adanya alun-alun ini keramaian Ambarawa tidak hanya terpusat di daerah Lapangan Yonkav Ambarawa ataupun kawasan Museum Kereta Api (KA). Selama ini, jika sore hari kawasan Pasar Lanang Ambarawa banyak dipenuhi warga berbburu kuliner.

Namun, dengan adanya alun-alun Ambarawa di Tambakboyo ini, kawasan ini mulai ramai bahkan semakin hari selalu bertambah pebisnis yang mengais rejeki di komplek alun-alun ini.

            “Harusnya, dengan mulai difungsikan alun-alun ini, pihak terkait mengikutinya dengan melakukan penataan. Selama ini pula, ruangan atau kios masih belum ditempati. Entah memang belum ada yang memesan ataukah memang belum diijinkan untuk ditempati. Jika, pedagang sudah menempati kios-kios tersebut, dijamin pemandangan akan lebih bagus dan para pengunjung akan lebih nyaman,” kata Amir.

            Pantauan harian7.com di alun-alun tersebut, jika pada hari Minggu pagi, mulai banyak dikunjungi warga yang berolahraga. Bahkan, aneka kuliner pun juga mulai memenuhi kawasan ini yang banyak dikatakan pengunjung, pemandangan sekitar alun-alun ini sangat bagus. Namun, seiring mulainya alun-alun ini, harusnya dinas terkait atau pihak kecamatan dapat memulai menggelar berbagai kegiatan yang sifatnya terbuka di lokasi ini. Hal ini akan memacu warga untuk berkunjung di alun-alun ini. (Heru)

Iklan