Iklan

Iklan

,

Iklan

Warga Bergerak, Aksi Massa di Banjarnegara Menuntut Kepastian Pelantikan Kades Terpilih

Redaksi
Sabtu, 27 April 2024, 01:23 WIB Last Updated 2024-04-26T18:24:12Z

 


Laporan: Wahyudin


BANJARNEGARA | HARIAN7.COM - Aksi massa dari empat desa di Kecamatan Purwonegoro Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengunjungi Kantor Kecamatan Purwonegoro pada Jumat (26/04/2024). 



Massa tersebut menuntut pelantikan kepala desa (kades) terpilih sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Mereka juga mendatangi kantor kecamatan lainnya untuk menyampaikan tuntutan serupa. 



Rusdianto, salah satu aktivis aksi massa, menyatakan bahwa aksi tersebut dilakukan setelah hasil audensi dengan Sekdirjen Bina Pemdes Kemendagri RI, yang menolak mengakui hasil pemilihan kepala desa di Kabupaten Banjarnegara.


"Kami menegaskan bahwa mereka melakukan aksi ini untuk menanyakan kejelasan terkait pelantikan kades terpilih. Massa berharap agar pelantikan tersebut tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Pemkab Banjarnegara, yakni pada 30 April 2024,"terangnya.


Ia menambahkan, aksi tersebut digelar sebagai dukungan dari masyarakat yang telah berkorban banyak waktu dan tenaga selama proses pemilihan kepala desa hingga pelantikan kades terpilih. 



Perwakilan dari Forkopimcam Purwonegoro menyatakan bahwa pemerintah kecamatan mendukung kebijakan dari Pemerintah Kabupaten, dan mereka akan menunggu surat undangan resmi dari Pemkab terkait pelaksanaan pelantikan pada tanggal 30 April mendatang.(*)

Iklan